Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Jam Astronomi Praha ke-605

Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Jam Astronomi Praha ke-605

HarianDepok.com – Tekno , Mesin pencarian raksasa Google hari ini turut merayakan ulang tahun Jam astronomi Praha yang ke-605. Melalui Google Doodle, Google memberkan penghormatan khusus kepada Jam Astronomi Praha dengan memasang gambar Jam Astronomi Praha pada halaman depannya. Diketahui jam Astronomi Praha terdapat di kawasan Old Town Square. Jam yang berukuran raksasa tersebut adalah salah satu contoh jam terbaik dari jenisnya yang masih ada di Eropa.

Jam Astronomi Praha terletak di dinding selatan Praha Town Hall, Jam Astronomi ini mempunyai sejarah yang panjang. Terlebih warna-warninya menandakan aliran seni yang berkembang di Ceko dan Eropa pada waktu itu. Bagian tertua Jam Astronomi Praha dibangun pada 1410 oleh seorang pembuat jam lokal dan profesor astronomi. unsur-unsur lainnya, seperti dual kalender dan patung-patung bergerak,yang ditambahkan pada abad-abad berikutnya.

Google Doodle Hari Ini Peringati Ultah Jam Astronomi Praha ke-605

Keistimewaan Jam Astronomi Praha terletak pada fungsinya. Jam tersebut bukan jam biasa melainkan semacam planetarium dasar yang menampilkan semua yang diketahui tentang alam semesta di abad pertengahan. Di bawah Jam Astronomi utama terlihat cincin kalender dekoratif yang ditambahkan pada tahun 1870, yang menceritakan peristiwa setiap tahun. Di kanan kiri dan dari jam tampak empat patung, ditetapkan dalam gerak pada jam.

Keempat tokoh mewakili entitas konstruksi Orloj’s yaitu Kematian yang diwakili oleh kerangka; Vanity ditampilkan sebagai seorang pria menatap cermin; Keserakahan diwakili oleh seorang pria dengan tas emas, dan Turki seorang tokoh mengenakan Turban. Selain itu ada presentasi Dua Belas Rasul di pintu kecil di atas Jam Astronomi Praha. Mereka muncul dan menghilang pada waktu yang berbeda, tetapi jika pada siang hari semua dua belas rasul tersebut akan kelihatan semua.

Jam Astronomi Praha sempat rusak parah pada saat perang dunia kedua, kemudian diperbaiki lagi pada tahun 1948. Mengingat sejarah panjang dan nilai estetis pada Jam Astronomi Praha, tidak heran jika hari ini Jumat (09/10/2015) Google Doodle menampilkan Jam Astronomi Praha pada halaman utamanya. Pada ulang tahunnya yang ke-605 ini, Jam Astronomi Praha banyak dikunjungi banyak wisatawan dan penduduk lokal.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: