Simulasi Pemungutan Surat Suara Kembali di Gelar di Kota Depok

Simulasi Pemungutan Surat Suara Kembali di Gelar di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok yang sebentar lagi akan diselenggarakan serentak dengan kota lainnya pada 09 Desember mendatang, menjadi momen yang bersejarah bagi seluruh masyarakat yang menginginkan perubahan suatu kota menjadi lebih berkembang, maju dan sejahtera.

Guna memenuhi hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pihak yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan kegiatan tersebut sampai saat ini sudah menyiapkan segala sesuatunya terkait acara Pilkada yang saat ini sudah memasuki masa berkampanye para Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot).

Untuk mengantisipasi akan terjadinya hal hal yang tidak diinginkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok terlihat tengah menggelar acara simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara. Hal ini merujuk kepada pengaplikasian peraturan KPU Nomor 10 tahun 2015 untuk dapat diterapkan dilapangan.

Acara simulasi yang digelar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18, Sektor Melati, Perumahan Grand Depok City, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat pada beberapa waktu lalu sempat menjadi perhatian masyarakat banyak yang ingin melihat acara simulasi lebih dekat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil Manik dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mmengatakan simulasi yang digelar oleh pihaknya kali ini adalah merupakan yang kesekian kalinya untuk membentuk kesiapan para petugas dalam mengantisipasi akan timbulnya permasalahan yang krusial.

Dari keterangannya, lokasi untuk menggelar acara simulasi pada waktu dipilih kota Depok lantaran kota tersebut mewakili karakteristik Pilkada. “Untuk permulaan yang dimulai di kantor KPU pada 07 April 2015 kemudian dilanjutkan kembali pasa 02 Agustus 2015 dengan karakteristik masyarakat nelayan, pada 06 September 2015 digelar di Wonosobo dengan karakteristik masyarakat pedesaan,” ungkapnya, Rabu (07/10/2015).

Dengan dilakukannya sejumlah simulasi di beberapa kota dengan karakteristik yang berbeda beda, diharapkannya dapat memprediksikan kendala serta waktu yang digunakan para petugas dalam memungut dan menghitung surat suara nanti pada saat 09 Desember 2015 mendatang.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)