Pekan Depan KPU Depok Buka Acara Lelang Pembuatan Surat Suara

Pekan Depan KPU Depok Buka Acara Lelang Pembuatan Surat Suara

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Setelah dilakukan penetapan kepada sejumlah pemilik suara yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan memberikan hak suaranya di acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok yang akan diselenggarakan pada Desember 2015 mendatang saat ini Komisi Penilihan Umum (KPU) Kota Depok tengah mempersiapkan diri untuk melakukan proses pelelangan pencetakan surat suara.

Hal ini sengaja dilakukan oleh pihak KPU kota Depok yang mendekati acara Pilkada agar seluruh surat suara tidak dapat dimanipulasi oleh sejumlah oknum yang biasa menggunakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi semata sehingga menjadikan acara Pilkada tidak sesuai lagi dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok, Nana Subarna mengatakan, setelah adanya penetapan jumlah DPT untuk Pilkada Kota Depok sebanyak 1.221.981 maka untuk tahapan selanjutnya pihak kami akan melakukan pencetakkan surat suara yang nantinya akan dikondisikan sesuai dengan kebutuhan tiap tiap TPS.

Dengan dilakukannya hal tersebut dapat diketahui perkiraan jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk mencetak surat suara dan setelah diketahui seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan nantinya, dapat menjadi patokan untuk proses lelang pencetakan surat suara.

“Jumlah DPT inilah yang menjadi patokan kami dalam menentukan seberapa banyak surat suara yang harus dicetak dan seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan,” tuturnya kepada rekan media, Rabu (07/10/2015).

Nana pun menjelaskan, bahwa jumlah pencetakan yang akan segera dilakukan pelelangannya ini merujuk kepada aturan dan ketentuan yang ada yaitu jumlah jumlah DPT ditambahkan lagi sebanyak 2,5 persen dari total keseluruhan jumlah DPT yang dimiliki oleh KPU kota Depok. Dengan begitu dapat menekan biaya pengeluaran anggaran Pilkada.

Untuk proses lelang itu sendiri, akan segera dilakukannya pada pekan ini setelah proses penghitungan harga perkiraan sendiri (HPS) telah rampung dilakukan oleh pihaknya. Untuk proses HPS pun juga tidak terlalu lama, maka daripada itu Nana optimis pihaknya dapat melakukan proses lelang pada pekan depan.

Nana juga menuturkan bahwa waktu untuk pencetakan surat suara menurut ketentuan dan aturan yang berlaku maksimal dilakukan 45 hari sebelum acara pemungutan suara pada 09 Desember 2015 mendatang berlangsung. Jadi waktu pekan depan untuk melaksanakan acara pelelangan dianggapnya sebagai waktu yang tepat dan tidak terburu buru.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: