Inilah Penjelasan Menguatnya Rupiah 2 Hari Terakhir

Inilah Penjelasan Menguatnya Rupiah 2 Hari Terakhir

HarianDepok.com – Bisnis , Sudah dua hari terakhir ini nilai tukar rupiah naik secara signifikan terhadap dollar AS. Hal tersebut terjadi usai aksi jual besar-besaran di pasar modal maupun pasar uang melanda berbagai negara berkembang atau emerging markets. Kondisi seperti ini membuka peluang terjadinya rebound di pasar negara tersebut, terutama di Indonesia, Malaysia dan Meksiko. Seperti yang dikutip Bloomberg, Selasa (06/10/2015), atas pertimbangan tersebut, perwakilan dari hedge fund yang berbasis di California, AS,

Franklin Templeton, berani bertaruh untuk membeli aset-aset di tiga negara berkembang, yakni Indonesia, Malaysia dan Meksiko. Michael Hasenstab, seorang fund manager dari Franklin Templeton mengatakan, murahnya aset di pasar berbagai negara berkembangakan mendorong masuknya investasi dalam jangka panjang. “Berdasarkan perhitungan, ini adalah kesempatan untuk membeli aset-aset murah. Ini tidak hanya dalam satu dekade ke depan, tetapi juga multi-dekade,” ucap Hasenstab.

“Sejauh ini kami tidak membeli bermacam-macam aset. Akan tetapi, dengan melihat kondisi seperti ini, di sana terdapat segenggam harapan yang dapat berubah di tengah kekacauan pasar. Ini seperti sebuah berlian di tengah kekacauan,” jelasnya. Terkat dengan hal itu, ia menyatakan tengah mengincar sejumlah mata uang yang berpotensi menguat signifikan, yaitu rupiah Indonesia,  ringgit Malaysia dan peso Meksiko.

Di sisi lain, ia menghindari pembelian mata uang negara berkembanglain, seperti Rusia, Turki dan Afrika Selatan. Hasenstab, yang juga seorang petualang dan sudah  pernah naik ke puncak Everest, mengurangi eksposure investasinya di negara-negara berkembang menyusul terjadinya pelambatan ekonomi China, melemahnya harga komoditas, dan naiknya suku bunga acuan AS.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: