4 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memiliki Kartu Kredit

4 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memiliki Kartu Kredit

HarianDepok.com – Bisnis , Dalam urusan pembayaran memang kartu kredit memberikan segala kemudahan. Sebab itu banyak dari masyarakat yang tergiur untuk memiliki kartu kredit karena segala kemudahan yang bisa didapat. Namun sayang, banyak orang yang lupa diri ketika menggunakannya. Tidak sedikit orang pula yang akhirnya terjebak dalam utang kartu kredit sampai harus mengorbankan apa yang ia miliki.

Seperti yang dilansir laman HuffingtonPost, Selasa (06/10/2015), berikut ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum membuat kartu kredit:

  1. Gunakan Saat darurat

Meskipun mudah digunakan di berbagai tempat, sebaiknya Anda tidak menggunakan kartu kredit dalam setiap kondisi. Setiap orang tentu mempunyai kartu debit maupun uang tunai, gunakan uang-uang riil tersebut dalam transaksi Anda.

Kartu kredit dapat Anda gunakan dalam kondisi kritis, yaitu ketika dana riil Anda sudah sangat minim, sementara ada kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

  1. Bukan mesin pencetak uang

Walau pun Anda dapat dengan mudah membayar sesuatu dengan memakai kartu kredit, setiap transaksi tersebut adalah hutang. Hal itu lah yang harus Anda tanamkan dalam hati.

Pada umumnya pemilik kartu kredit yang pada akhirnya terjebak lilitan hutang adalah mereka yang salah kaprah dan menganggap kartu kredit sebagai pencetak uang. Pikiran seperti itu hanya membuat Anda mengambil langkah konsumtif.

  1. Atur Aliran Kas

Aliran kas yang baik akan membuat Anda tidak mudah terlilit utang karena kemampuan Anda mengatur seberapa dana riil yang dapat dipakai serta seberapa besar tunggakan yang bisa dilunasi. Aliran kas Anda bisa dikatakan baik jika utang Anda tidak melebihi 30 persen total pendapatan.

  1. Lunasi tagihan tepat waktu

Jangan menunda membayar tagihan kartu kredit yang sudah dilayangkan kepada Anda. Penundaan tersebut bisa berujung kepada denda akibat telat membayar. Sebaiknya Anda segera melunasi setiap tagihan yang diterima. Memang ada pembayaran minimum yang bisa dipilih, tapi hal itu hanya membuat bunga kartu kredit Anda semakin membengkak.

Untuk itu, perhatikan dan atur transaksi apa saja yang bisa Anda lakukan melalui kartu kredit. Jangan membuat utang berlebih yang membuat aliran kas menjadi kacau dan Anda terpaksa kembali berhutang.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: