Kreatif, Italia Kini Punya Perkebunan Buah Dan Sayur Di Dasar Laut

kreatif-italia-kini-punya-perkebunan-buah-dan-sayur-di-dasar-laut

HarianDepok.com – Berita Unik – Ini bukan taman laut, tetapi perkebunan sayur dan buah yang berada di dasar perairan. Namanya Nemo’s Garden, diambil dari nama ikan badut yang jadi tokoh utama film animasi Finding Nemo. Nemo’s Garden yang ada di Italia ini merupakan kebun bawah air pertama di dunia.

Dilansir Oddity Central, Nemo’s Garden dirancang dengan metode pertanian inovatif. Terdiri dari 5 biosfer yang ditempatkan di laut Savona. Biosfer ini mengapung di kedalaman 6 hingga 11 meter dan dipantau oleh Ocean Reef Group dengan webcam. Sebuah panel sensor merekam dan mengirimkan data perkembangan tanaman dalam biosfer secara berkala. Seluruh data dipublikasikan di internet dan bisa diakses oleh siapa saja.

Biosfer-biosfer ini dimanfaatkan untuk menanam stroberi, basil, kacang-kacangan, bawang putih, dan lettuce. Untuk pengairan, ada saluran khusus yang menampung air di bagian atas biosfer. Saluran ini akan mengalirkan air ke tumbuhan dalam biosfer secara berkala.

“Tujuan utama proyek ini adalah menciptakan sumber alternatif untuk produksi tanaman di area dengan kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan untuk menumbuhkan tanaman lewat pertanian konvensional,” tutur Luca Gamberini, juru bicara proyek Nemo’s Garden. Jadi, tanah tidak subur atau pengairan yang buruk tak lagi jadi masalah.

Tetapi tak hanya itu manfaat Nemo’s Garden. Biosfer yang berfungsi sebagai rumah kaca ini juga menarik hewan-hewan laut. Gurita, kuda laut, dan kepiting menjadikan bagian bawah biosfer sebagai tempat tinggal.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer