Penyandang Disabilitas di Depok Masuk ke Dalam DPT KPU Depok

Penyandang Disabilitas di Depok Masuk ke Dalam DPT KPU DepokPenyandang Disabilitas di Depok Masuk ke Dalam DPT KPU Depok

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Beberapa persiapan yang sudah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dalam mensukseskan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok saat ini sudah hampir rampung. Beberapa persiapan yang sudah dilakukan oleh KPU kota Depok saat ini diantaranya adalah, memasang beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah lokasi dan mendata kembali para pemilih DPT ke seluruh wilayah kota Depok.

Sampai saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok pun sudah menetapkan hasil Coklit (Pencocokan Kilat) nya yang sudah dilakukan beberapa bulan ini guna mengetahui seberapa banyak para pemilih yang berpotensi pada Pilkada yang akan diselenggarakan serentak di beberapa kota lainnya pada 09 Desember 2015 mendatang.

Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) penyandang disabilitas yang ada di kota Depok telah ditetapkan sebanyak 1.003 orang yang terdiri dari tuna netra sebanyak 117 orang, tuna rungu sebanyak 231 orang, tuna daksa sebanyak 278 orang, tuna grahita sebanyak 235 orang dan penyandang cacat lainnya sebanyak 172 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Titik Nurhayati dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa, data tersebut adalah data yang telah dimiliki oleh pihaknya yang telah dilakukan pencocokan kilat sebelumnya pada beberapa waktu lalu. Hal ini ditujukan agar, KPU mendapatkan data real sehingga dalam perhitungan suara nanti dapat terlihat jelas jumlahnya.

Selain untuk mendapatkan data real, pencocokan kilat ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam pemungutan suara nanti, sehingga dapat tercipta acara Pilkada yang jujur dan terbebas dari manipulasi data.

“Penyandang disabilitas terdiri dari tuna daksa sebanyak 278 orang, tuna netra 117 orang, tuna rungu 231 orang, tuna grahita 235 orang dan penyandang disabilitas lainnya sebanyak 172 orang. Data ini sudah masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan bagi mereka akan diberikan alat bantu khusus di setiap TPS yaitu berupa template surat suara,” katanya di Depok, Senin (05/10/2015).

Menurut data yang dimiliki oleh KPU Kota Depok, DPT yang berpotensi memberikan hak suaranya di Pilkada 2015 nanti berjumlah 1.221.981 jiwa. “Saat ini kami telah menetapkan DPT dan untuk selanjutnya kami akan tetap melakukan validasi terkait dengan masalah data ini,” tegasnya.

Dengan adanya penetapan tersebut, maka akan diketahui seberapa banyak masyarakat yang akan memberikan hak suaranya nanti pasa 09 Desember 2015 mendatang. Selain memudahkan petugas dalam pendataannya, hasil daripada DPT ini juga menjadi acuan dalam perhitungan suara nanti sehingga segala macam tindak kecurangan dapat antisipasi.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: