Sejumlah Situ Yang Ada Di Wilayah Kota Depok Kondisinya Sudah Sangat Memprihatinkan

Sejumlah Situ Yang Ada Di Wilayah Kota Depok Kondisinya Sudah Sangat Memprihatinkan

HarianDepok.com – Berita , Dari total 26 situ yang dimiliki oleh kota Depok saat ini, sebanyak empat situ sudah masuk dalam kategori sangat kritis keberahidaannya sehingga memerlukan perbaikkan dan penanggulangan dari instansi terkait untuk dapat menormalkan keberadaannya kembali dan mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.

Permasalahan tersebut pun juga sudah sampai ke telinga Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebagai pejabat yang berwenang. Namun dikarenakan oleh keterbatasan alat dan anggaran yang dimiliki oleh Pemkot Depok, membuat keberadaan empat situ tersebut belum dapat teratasi. Maka daripada itu, Pemkot Depok dalam mengatasi permasalahan tersebut saat ini sudah meminta bantuan kepada pemerintah pusat untuk dapat membantu mengatasinya.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad yang juga selaku Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot) Depok mengatakan, saat ini ada tiga kategori kondisi situ yang ada di kota Depok yang diantaranya sangat memprihatinkan, memprihatinkan dan potensial. Kategori ini disimpulkan berdasarkan keadaan situ situ yang ada saat ini.

“Dari sejumlah situ yang ada di kota Depok saat ini, sebanyak empat situ dikabarkan kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Jika dikalkulasikan berarti, sebanyak 20 persen dari total jumlah keseluruhan situ yang ada di Depok sudah masuk kedalam kondisi sangat memprihatinkan. Untuk keberadaan lokasinya dimana saja nanti kita bisa lihat,” jelasnya kepada wartawan, Minggu (04/10/2015).

Selain ada beberapa situ yang dianggapnya sudah memasuki kriteria sangat memprihatinkan, namun ada juga beberapa situ yang keberadaannya masuk ke dalam kondisi baik atau berpotensial untuk dikelola sebagai salah satu tempat wisata. Beberapa si tu tersebut diantaranya adalah, Situ Sawangan, Situ RRI, Situ Pengasinan dan Situ Cilodong.

“Harus ada langkah komunikasi yang baik dan efektif dengan pihak Kementrian. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan kami capek untuk terus menjaga aset orang. Terserah siapa saja yang mau kelola, kalau memang aset pemerintah pusat, ya silakan saja mereka yang kelola,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya pun juga telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk dapat melakukan kegiatan normalisasi di tujuh situ yang dianggapnya sudah masuk ke dalam kategori memprihatinkan. Namun, usulan untuk diadakannya kegiatan normalisasi ini bukanlah bersifat penuh, namun hanyalah kepada perbaikan sarana dan prasarana saja.

Dirinya berharap akan adanya kerjasama yang baik antara Pemkot Depok dengan Pemerintah Pusat untuk dapat menanggulangi permasalahan tersebut dengan sebaik mungkin. Selain untuk dapat mengurangi dampak global warming yang saat ini terjadi, penanggulangan situ juga dapat mengurangi beban polusi yang dihasilkan di Indonesia.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: