Ini Hal Yang Spesial di Puncak Peringatan HUT TNI ke-70

Ini Hal Yang Spesial di Puncak Peringatan HUT TNI ke-70

foto: rri.co.id

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan, di dalam upacara puncak peringatan HUT TNI ke-70 yang digelar di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, pada Senin (05/10/2015) terdapat beberapa hal yang spesial yang telah disiapkan oleh TNI. Menurut Gatot, untuk yang pertama kalinya TNI akan melaksanakan demonstrasi pertempuran laut dan udara di satu tempat. Sebab itu, diperlukan tempat yang memadai untuk dapat melaksanakan parade serta defile pasukan, dan demonstrasi pertempuran laut -udara.

Salah satu tempat yang dianggap representatif untuk melaksanakan hal tersebut adalah di dermaga PT. Indah Kiat di Cilegon, Banten. Selain itu, Gatot mengatakan alasan utama TNI melaksanakan demonstrasi pertempuran laut dan udara untuk menunjukkan dukungan terhadap rencana perwujudan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. ”Sesuai kebijakan Presiden menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia, Jadi TNI harus mempunyai keunggulan udara dan laut,” ucap Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (04/10/2015).

TNI bakal menurunkan secara total setidaknya sekitar 12 ribu personel. Selain defile serta parade pasukan dan demonstrasi pertempuran laut dan udara, TNI juga akan menggelar demo alutsista di tiga matra, yakni empat Tank Marder; enam Tank Scorpion; empat Panser Tarantula serta radar Giraffe, dan tiga Tank LVT 7; empat tank BMP 3 F serta tiga Roket RM 70 Grad dan dua Howitzer LG 1 MK 2 milik TNI AL.

Tidak hanya itu, aka nada juga dua kendaraan khusus Smart Hunter; satu Drone ; dua truk Mercy Target; serta 24 pesawat yang terdiri dari 16 pesawat tempur (enam pesawat  Sukhoi Su-27/30, enam pesawat F-16 fighting falcon, serta empat  pesawat T-50i Golden Eagle), termasuk dua pesawat C-130 Hercules dan dua pesawat CN-295. Bukan hanya itu, Presiden Joko Widodo juga turut hadir dan menjadi inspektur upacara dalam peringatan puncak HUT TNI ke-70 tersebut.

Panglima TNI pun berharap, dari demonstrasi pertempuran laut dan udara ini, pemerintah tengah menyediakan dan berupaya untuk menjadikan kekuatan TNI lebih hebat, terlebih untuk menyokong visi poros maritim. ”Kami harus mencari teknologi yang tinggi dan battle proven. Jadi kekuatan TNI bisa sesuai dengan visi poros maritim dunia. Ke depan, kami akan meminta agar lebih hebat lagi, kami perlu ini dan itu,” ungkap Gatot.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok