Pedasnya Bawang Merah di Kota Depok Sepedas Harga Perkilo nya

Pedasnya Bawang Merah di Kota Depok Sepedas Harga Perkilo nya

HarianDepok.com – Berita , Bergejolaknya nilai tukar rupiah terhadap dollar US semakin dirasakan dampaknya oleh masyarakat Indonesia khususnya warga kota Depok yang saat ini harus pasrah melihat harga sayur mayur dalam waktu belakangan ini mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Beberapa pedagang sayur pun juga mengeluhkan hal yang serupa sehingga mengakibatkan mau tidak mau harus menaikkan harga jual karena harga dari agen pemasok juga turut naik.

Bawang merah salah satunya yang saat ini dalam sepekan saja sudah mengalami kenaikan harga. Jika harga dipasaran tradisional di kota Depok normalnya hanya 18 ribu rupiah per kilogramnya, kini merangkak naik sampai menembus 50 ribu rupiah untuk per kilonya. Hal ini sangatlah memberatkan masyarakat yang sehari hari terbiasa mengkonsumsi bawang merah sebagai salah satu bumbu pokok makanan tradisional orang Indonesia.

Budi, salah satu pelaku pedagang sayur yang biasa menjajakan barang dagangannya di pasar Parung, Depok, Jawa Barat ini mengaku kenaikan yang dialami bawang merah saat ini terus merangkak naik, yang awalnya hanya 18 ribu rupiah per kilogramnya, naik menjadi 40 ribu rupiah dan saat ini sudah menembus angka 50 ribu rupiah untuk perkilogramnya.

“Entah apa permasalahannya, namun saya mendapatkan barang dari agen pemasok juga sudah segitu harganya ya mau tidak mau terpaksa harus dijual dengan harga yang tinggi. Untungnya engga seberapa, dapet keluhan dari pembelinya minta ampun banyak. Ini pun bawang merah yang saya dapatkan kecil kecil sekali,” keluhnya saat ditanya wartawan, Minggu (04/10/2015).

Di lain pihak, Maman salah satu pemasok bawang merah asal kota Brebes ini mengatakan, bahwa kenaikkan harga bawang merah yang saat ini sudah menembus di angka 50 ribu per kilogramnya disebabkan oleh banyaknya para petani yang beralih menanam sayur lain karena pada beberapa bulan terakhir harga bawang merah merosot tajam. Hal tersebutlah yang mengakibatkan kenaikkan harga bawang merah saat ini.

“Barang yang kami drop ke pasarab itu adalah hasil panen beberapa bulan yang lalu. Untuk harga dari petani langsung, seharga 20 ribu per kilogramnya, namun apabila sudah jatuh ke tangan pengepul maka harga bawang merah perkilogramnya mencapai 30 sampai sengan 40 ribu rupiah itu pun tergantung dari kualitas barangnya,” jelasnya.

Sampai saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok masih belum terlihat turun tangan untuk menangani adanya permasalahan lonjakan harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional yang ada di kotanya. Masyarakat kota Depok saat ini sangat mengharapkan akan adanya solusi dari Pemkot Depok dalam mengatasi lonjakan harga bawang merah yang saat sudah tembus di angka 50 ribu rupiah per kilogramnya.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok