Dinkes Depok, Himbau Masyarakat Gunakan Buku KIA Dengan Bijak

Dinkes Depok, Himbau Masyarakat Gunakan Buku KIA Dengan Bijak

HarianDepok.com – Berita , Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait permasalahan kesehatan yang dimana Pemkot Depok telah mengeluarkan satu Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk digunakan sebagai pedoman dan perkembangan kesehatan ibu dan anak.

Hal ini ditujukan kepada umum agar masyarakat kota Depok dapat memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Selain daripada itu, hal tersebut juga ditujukan sebagai salah satu pendukung dimana sampai saat ini Pemkot Depok sedang giat melakukan perbaikan di sektor pelayanan kesehatannya sehingga tercipta kota Depok yang sehat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gojali dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, seluruh masyarakat saat ini sangatlah dibutuhkan partisipasinya dalam mendukung program tersebut dengan memperhatikan adanya buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Pasalnya, buku KIA sangatlah penting kegunaannya dalam memantau perkembangan seorang ibu mulai dari masa kehamilan, persalinan sampai dengan pertumbuhan anak hingga beranjak usia lima tahun sehingga dapat diketahui secara jelas dan tindakan preventifnya apabila ada sesuatu hal yang timbul tak terduga.

“Ibu hamil pada saat mereka telah memasuki masa kehamilan, mereka akan diberikan buku KIA yang mana pada penggunaan buku tersebut berfungsi sebagai pedoman dan pemantauan kesehatan si ibu dan anak,” katanya di Depok pada beberapa waktu lalu.

Di dalam teknis penggunaan buku KIA, setiap kali seorang ibu dan anak yang datang ke tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas ataupun yang lainnya, hasil pengecekan dan keluhan mengenai kesehatan akan dicatat secara lengkap di dalam buku tersebut yang nantinya masyarakat dapat menilai dan mengetahui perkembangan kesehatan ibu dan anak.

Selain diperuntukkan kegunaannya untuk hal tersebut, KIA juga dimaksudkan sebagai salah satu media yang diharapkan oleh Pemkot Depok khususnya Dinkes Kota Depok dalam menekan angka kematian ibu dan anak di wilayah kota Depok yang selama ini dari tahun ke tahunnya, kota Depok sudah berhasil menekan angka kematian ibu dan anak dengan baik.

Adapun kegunaan dari buku KIA juga dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi. Bahkan saat ini pun, jika ada siswa siswi sekolah yang ingin mengajukan beasiswa kepada pemerintah, wajib untuk melampirkan buku KIA.

“Penggunaan buku KIA sangatlah beragam, mulai dari pengecekan kesehatan, pemantauan perkembangan kesehatan, salah satu syarat mutlak masuk sekolah hingga kepada pengajuan beasiswa,” tuturnya.

Untuk mendapatkan buku KIA pun cukup mudah, masyarakat hanya perlu mendatangi kantor pelayanan kesehatan di lingkungan sekitar seperti Posyandu, Puskesmas, Bidan, Klinik sampai dengan rumah sakit.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok