Pemkot Depok, Kucurkan Bantuan Stimulan Kepada Masyarakat Untuk Membuat Septic Tank 2,5 Juta Rupiah Per KK

Pemkot Depok, Kucurkan Bantuan Stimulan Kepada Masyarakat Untuk Membuat Septic Tank 2,5 Juta Rupiah Per KK

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai kota yang bersih, sehat dan ramah lingkungan, saat ini tengah melakukan beberapa penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan tempat tinggal.

Selain daripada itu, Pemkot Depok pun juga telah menerbitkan aturan mengenai pengolahan sampah rumah tangga secara individual dengan maksud mengurangi volume sampah yang harus dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang saat ini sudah mengalami kelebihan daya tampung.

Dengan menerapkan sejumlah program tersebut, Pemkot Depok dianggap telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakatnya dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah rumah tangga yang kerap kali menjadi biang musabab menurunnya ekosistem lingkungan sekitar.

Saat ini, Pemkot Depok pun tengah melakukan pengawasan terhadap limbah domestik (tinja) yang masih dibuang begitu saja tanpa dikelola terlebih dahulu yang dapat mengakibatkan tercemarnya lingkungan. Oleh sebab itu, upaya untuk menekan perilaku tersebut, Pemkot Depok berencana akan memberikan bantuan stimulan untuk pembuatan Septic Tank kepada 690 Kepala Keluarga (KK) di di seluruh wilayah kota Depok.

Untuk biaya pembangunannya, Pemkot Depok akan menggunakan dana  Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) daerahnya yang akan dibagikan kepada seluruh KK se kota Depok dengan nilai bantuan sebesar 2,5 juta rupiah untuk tiap kepalanya.

Kepala Seksi (Kasi) Penyehatan Lingkungan Kota Depok, Sukanda dalam menanggapi akan adanya bantuan untuk pembuatan septic tank saat ini mengatakan, masyarakat tidak dibantu sepenuhnya dalam membangun sebuah septic tank, karena biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun septic tank dengan kualitas standar sekitar 6 juta rupiah. Melainkan hanya pemberian bantuan stimulan dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya keberadaan sanitasi pembuangan.

“Untuk bantuan yang kami berikan dalam membangun sebuah septic tank, hanyalah bantuan stimulan saja, ini kami maksudkan agar masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya, Sabtu (03/10/2015).

Sukanda pun juga menjelaskan, banyaknya masyarakat yang belum memiliki septic tank sendiri saat ini dikarenakan oleh kondisi perekonomiannya yang masih tergolong rendah. Namun, ada juga masyarakat yang tingkat perekonomiannya tergolong menengah belum memiliki septic tank yang dikarenakan masih kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan.

“Total keseluruhan KK yang belum memiliki septic tank sebanyak 11.775 KK, data ini adalah data tahun 2013. Kemungkinan besar, data tersebut sudah berubah jumlahnya,” tuturnya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)