TPA Cipayung Depok Akan Ditutup

TPA Cipayung Depok Akan Ditutup

HarianDepok.com – Berita – CIpayung , Rencana perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Cipayung kota Depok, dipastikan akan tidak terlaksana. Pasalnya, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membatalkan rencana tersebut yang dikarenakan oleh tidak terjalinnya kesepakatan kerjasama antara Pemerintag Kota (Pemkot) Depok dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam membuka TPA Nambo.

Rencana penutupan satu satunya TPA sampah kota Depok tersebut akan dilaksanakan pada akhir tahun 2015 ini.

Kepala Sub Bagian Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Imam Panuju dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan, untuk rencana penutupan TPA Cipayung akan diputuskan pada September mendatang. Untuk permasalahan tersebut juga telah dilaporkan kepada Walikota Depok.

Terkait dengan permasalahan rencana penutupan TPA Cipayung yang akan dilakukan oleh Pemkot Depok ini, disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi kendala sehingga menyebabkan akan ditutupnya TPA tersebut. Beberapa diantaranya adalah jumlah sampah yang sudah melebihi dari kapasitas normalnya dan adanya penolakan dari masyarakat terhadap rencana perluasan TPA Cipayung.

“Keputusan untuk menutup TPA saat ini memang sudah harus diambil, jika masih tetap dibiarkan begitu saja, maka dikhawatirkan akan menimbulkan ancaman longsor terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar TPA. Semua laporan mengenai rencana penutupan TPA Cipayung sudah diserahkan ke kepala DKP dan Walikota Depok. Untuk rencana penutupannya diperkirakan akan dijalankan pada akhir tahun ini juga,” tuturnya kepada rekan media dilapangan, Sabtu (03/10/2015).

Imam pun menjelaskan, seharusnya TPA Cipayung sudah harus ditutup penggunaannya sejak tahun 2013 lalu yang dikarenakan oleh banyaknya sampah yang dibuang dan telah melebihi kapasitas daya tampungnya yang dimana untuk daya tampung kolam B dan C sudah penuh, sedangkan untuk kolam A hanya tinggal tersedia untuk 7.000 ton saja.

Meski telah mendapatkan informasi mengenai akan ditutup TPA Cipayung untuk selamanya oleh Pemkot Depok, namun bisa saja terjadi perubahan rencana. Hingga kini, masih belum ada informasi resmi dari Pemkot Depok akan rencana tersebut.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Rate this article!
Tags: