Ajaib, Pria Ini Beli Domain Google.com Cuma Rp 176 Ribu

Ajaib, Pria Ini Beli Domain Google.com Cuma Rp 176 Ribu

HarianDepok.com – Tekno , Entah mimpi apa semalam hingga Sammay Ved dapat mempunyai domain Google.com hanya dengan membayar US$ 12 atau Rp 176 ribu. Padahal, Google adalah raksasa perusahaan teknologi yang sudah sangat termahsyur. Ved yang saat ini tengah menimba ilmu di Babson College, Massachusetts, AS  mengaku sudah memelajari tampilan antarmuka dari fitur Google Domains yang merupakan sebuah layanan untuk membeli domain yang dikelola oleh Google.

Ketika ia mengetik ‘google.com’ dan mencarinya, domain tersebut malah available alias tersedia untuk dibeli. Lewat publikasi di laman LinkedIn-nya, Ved menceritakan, dia kemudia mengklik ikon berlambang troli untuk membelinya yang terletak di samping alamat domain. Seprti pengguna yang hendak belanja online, domain google.com pun juga dapat dimasukkan ke dalam ikon chart untuk dibeli.

“Saya sempat berharap bahwa ketika itu tengah terjadi kesalahan teknis yang berujung tidak mungkin bisa betul-betul melakukan transaksi,” tulis Ved. “Tapi nyatanya, saya sungguh bisa menyelesaikan proses pembelian dan langsung ada laporan biaya pembayaran di kartu kredit saya.” Pada saat itu Ved betul-betul sudah melakukan pembayaran domain google.com seharga US$ 12 atau setara Rp 176 ribu.

Tidak lama kemudian, ia menerima dua pesan email dari wmt-noreply.google.com dan sc-noreply@google.com. Dia pun mengaku, Google Webmaster Tools miliknya sudah diperbarui secara otomatis dengan pesan webmaster untuk domain Google.com. Hal ini ia anggap betul-betul menandakan bahwa kepemilikan Google.com sudah berpindah tangan ke Ved.

Seperti yang dikutip Mashable, Ved menyebut bahwa ia sudah mengirim peringatan ke Google Security mengenai hal itu dan perusahaan pun dikabarkan sudah mengetahui peristiwa tersebut. Saat ini pencarian Google.com di Google Domain sudah tidak lagi tersedia. Namun ia hanya beberapa saat bisa menguasai Google.com, karena setelah itu ia harus mengembalikan nama domain tersebut ke pemilik aslinya.

Sampai saat ini perwakilan dari raksasa teknologi Google tidak mau memberikan komentar. Akan tetapi, dugaan paling kuat yakni akibat adanya bug di dalam sistem Google Domain yang membuat Google.com bisa dibeli oleh Ved. Berdasarkan riwayat pekerjaan di laman LinkedIn, Ved sendiri sempat pernah bekerja untuk Google dari 2007 sampai 2012.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: