Menuju Makassar, Pesawat Aviastar Hilang di Ketinggian 8.000 Kaki

Menuju Makassar, Pesawat Aviastar Hilang di Ketinggian 8.000 Kaki

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pesawat Aviastar MV 7503 dari Masamba menuju Makassar pada Jumat (02/10/2015) kemarin dilaporkan hilang kontak di kawasan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.  Menurut Petrus Budi Prasetyo, General Manajer Commercial and Bussines Development Aviastar menyebut, pihaknya menerima laporan dari perwakilan Aviastar di Makassar, kalau salah satu pesawat Avistar dijadwalkan harus sudah mendarat di Makassar pukul 15.39 WITA. Tapi ternyata malah hilang kontak dengan menara pengawas.

Seperti yang dikatakan Petrus di Kantor Aviastar, di Jakarta, pada Jumat (02/10/2015), “Sore sekitar pukul 14.40 WITA, kami menerima informasi bahwa pesawat tersebut landing di Makassar pada pukul 15.39 waktu setempat. Akan tetapi kala itu belum ada kontak juga dengan menara pengawas dan tidak diketahui keberadaannya,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pesawat yang berangkat dari Masamba pada pukul 14.25 Wita membawa tiga kru dan tujuh penumpang. Ketika hendak berangkat, pilot sempat dua kali mengadakan kontak dengan pihak Ujung Pandang pada pukul 14.33 WITA. “Di pukul 14.33 Wita, mereka berada pada ketinggian 4.500 kaki. Kemudian pada 14.36 WITA, mereka melapor meminta izin ingin naik di ketinggian 8.000 kaki,”tutur Petrus.

Usai naik di ketinggian 8.000 kaki, pesawat yang menuju ke Makassar. Kala itu, pesawat seharusnya melaporkan posisinya pada pukul 15.15 Wita atau sekitar 60 nautical mile dari Ujung Makassar. “Tapi sampai pada waktunya pengawas udara kontak lagi untuk menanyakan posisinya namun tidak terjadi laporan. Mereka ditarik dan dihubungi oleh pengawas udara dari otoritas bandara, tapi tetap tidak menerima jawaban apapun,”Bebernya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok