Kini Warga Indonesia Bisa Wisata Naik Kapal Pesiar Asing

Kini Warga Indonesia Bisa Wisata Naik Kapal Pesiar Asing

HarianDepok.com – Bisnis , Belum lama ini Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 121 Tahun 2015 tentang pemberian kemudahan bagi wisatawan dengan menggunakan kapal pesiar (cruiseship) berbendera asing. Dalam peraturan itu dijeskan oleh Bobby M Mamahit, selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut, setidaknya sudah ditetapkan ada lima pelabuhan yang bisa dijadikan embarkasi kapal pesiar, yakni Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar serta Pelabuhan Benoa Bali.

Bobby menjelaskan, mulai saat ini dengan adanya pembukaan pelabuhan tersebut maka masyarakat Indonesia dapat naik dan turun menikmati fasilitas pelayaran kapal pesiar dari dalam negeri. Bukan tanpa alasan mengapa pemerintah menunjuk lima pelabuhan tersebut sebagai pelabuhan yang dapat melakukan naik turun penumpang khusus untuk kapal pesiar. Bobby menganggap jika fasilitas dan kapasitas pelabuhan tersebut yang saat ini dianggap paling mumpuni.

Adapun tujuan dari dibukanya kemudahan untuk menggunakan kapal pesiar ini ialah untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Indonesia. Tidak hanya itu diharapkan juga mampu memicu bisnis wisata kapal pesiar di Indonesia yang selama ini masih sangat terbatas. “Ke lima pelabuhan ini yang bisa naik turun penumpang, tapi kalau cruise hanya bersandar? di mana saja boleh, Pulau Komodo boleh,  Raja Ampat boleh, bebas,” ungkapnya.

Untuk mendukung hal ini pihaknya juga mewajibkan penyelenggara pelabuhan untuk melakukan pengawasan serta pengendalian pada kelancaran embarkasi dan atau debarkasi wisatawan kapal pesiar berbendera asing. Pengawasan tersebut dilakukan dengan harus adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang embarkasi dan atau debarkasi wisatawan dengan menggunakan cruise.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: