Disdamkar Kota Depok Kedepannya Akan Tangani Seluruh Bencana Kebakaran dan Yang Lainnya

Disdamkar Kota Depok Kedepannya Akan Tangani Seluruh Bencana Kebakaran dan Yang Lainnya

HarianDepok.com – Berita , Dinas Pemadam Kebakaran yang dikabarkan hanyalah sebagai salah satu Dinas penanggulangan bencana yang hanya membaktikan dirinya untuk memadamkan kebakaran oleh sejumlah masyarakat langsung ditepis oleh pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Depok yang dengan tegas mengatakan bahwa pihaknya tidak hanya melakukan pemadaman saja, namun banyak hal yang menjadi tugas dari petugas Damkar.

Beberapa kejadian yang dapat ditangani oleh petugas Damkar dalam tupoksinya sebagai pengayom masyarakat diantaranya, membantu menyelamatkan hewan ternak, mengusir ular dari rumah dan pemukiman, menyelamatkan hewan peliharaan jika terjadi permasalahan yang tidak dapat ditangani sendiri, membantu menyelamatkan orang yang hendak melakukan bunuh diri dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Depok, Yayan Arianto dalam menanggapi adanya kabar tersebut dengan tenang mengatakan, bahwa pihaknya tidak melulu melakukan pembenahan dan pemadaman bencana kebakaran saja, namun ada beberapa permasalahan yang dapat ditangani juga oleh pihaknya.

Maka daripada itu, masyarakat diperbolehkan untuk menghubungi Disdamkar dan meminta bantuan apabila ada beberapa peristiwa yang terjadi dan memang memerlukan bantuan dari petugas. “Pihak kami tidak hanya berfokus kepada bencana kebakaran saja, namun pemasalahan lain pun juga kami tangani,” tuturnya pada saat ditemui rekan media pada beberapa waktu lalu.

Arianto menambahkan, pihaknya selalu disiapkan untuk mengantisipasi adanya panggilan darurat dari masyarakat yang memerlukan bantuan dan penanganan secepat mungkin. Hal ini dimaksudkan agar petugas dapat langsung menerima data dan lokasi kejadian sehingga dapat langsung tertangani dengan cepat.

“Untuk kategori bencana atau musibah yang dialami masyarakat akan kami layani dengan baik, karena kami adalah unit pelayanan masyarakat yang bertugas membantu masyarakat dalam menanggulangi bencana dan permasalahan yang bentuknya krusial sehingga perlu mendapatkan penanganan dari petugas,” tambahnya.

Untuk saat ini, Disdamkar kota Depok yang dipimpinnya masih difokuskan untuk menangani penanggulangan bencana kebakaran, namun kedepannya akan diubah regulasinya dan menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana yang nantinya Disdamkar akan menangani seluruh bencana yang menimpa masyarakat.(Izl)

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: