FIK UI Depok Terapkan Ketahanan Mental dan Jiwa Kepada 166 Murid SDN 3 Pondok Cina

FIK UI Depok Terapkan Ketahanan Mental dan Jiwa Kepada 166 Murid SDN 3 Pondok Cina

HarianDepok.com – Berita , Pentingnya akan ketahan mental dan kejiwaan yang menjadi dasar bagi setiap orang dalam menjalankan kehidupannya menjadi salah satu prioritas utama yang harus dibentuk sedini mungkin agar tidak mudah tertekan dan menyerah pada saat menemui tingkat kesulitan hidup yang kerap mengganggu kejiwaan seseorang yang berakhir dengan mengenaskan.

Di kota Depok sendiri, hal tersebut sudah mulai diberlakukan dan diterapkan di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi bangsa agar kelak menjadi pribadi yang tangguh dan siap pada saat tekanan mental datang melanda.

Sebanyak 166 siswa siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 3, Depok yang saat ini menjadi sekolah terapan dalam pembelajaran ketahanan mental dan kejiwaan dari pihak Universitas Indonesia (UI) kota Depok yang dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan maksud memberikan motivasi terhadap siswa siswi agar tidak mudah tertekan oleh aksi bullying.

Ketua Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI), Depok, Yudi Ariesta Chandra dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan, tujuan dibekalinya sejumlah siswa siswi sekolah tersebut sebagai salah satu bentuk dalam dukungannya terhadap ketahanan mental dan kejiwaan siswa siswi agar mampu bertahan melewati suatu permasalahan kelak.

“Materi yang kami berikan saat ini kami tujukan sebagai satu bekal untuk para siswa siswi agar mental dan kejiwaan mereka lebih kuat dan mampu bertahan dalam melewati berbagai macam permasalahan nantinya. Sehingga mereka tidak mudah goyah dan selalu siap,” katanya pada waktu itu.

Menurut pengakuannya terhadap pemberian materi pembelajaran tersebut kepada siswa siswi SDN Pondok Cina 3 pada waktu itu adalah hasil kajian dari pihaknya dilapangan yang pada waktu itu menemukan bahwa di sekolah tersebut belum adanya pembekalan serta penyuluhan terhadap tumbuh kembang ketahanan mental siswa siswinya.

Oleh sebab itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi terkait guna memberikan ilmu ketahanan mental dan kejiwaan yang dimana pada usia muda sangat rawan sekali mendapatkan kekerasan mental dari lingkungan pergaulan dan keluarga.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: