Sejumlah APK Ilegal di Kota Depok Ditertibkan Petugas

Sejumlah APK Ilegal di Kota Depok Ditertibkan Petugas

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Dalam menjadikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok yang tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku, saat ini Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok giat melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) para Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot) Depok yang dipasang di beberapa lokasi terlarang.

Dari hasil pemantauan dilapangan, sedikitnya ada 11 titik lokasi APK ilegal yang telah ditertibkan oleh petugas. Ini mengacu kepada peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang dengan tegas melarang para simpatisan dan tim sukses Cawalkot Depok untuk memasang APK disembarang tempat.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kota Depok, Mahmudin dal menanggapi adanya kegiatan penertiban APK ilegal para Cawalkot Depok saat ini mengatakan, hal tersebut sengaja dilakukannya agar dapat terjaga acara kampanye yang tertib dan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Saat ini, kami hanya menjalankan tugas sesuai dengan arahan yang lami dapat dari Panitia Pengawas Pemilu dan KPU tingkat kota. Sebelum melakukan penertiban APK, kami melakukan koordinasi dengan anggota yang lainnya agar dapat menertibkan APK ilegal dalam waktu satu hari. Ini kami lakukan sebagai wujud tanggungjawab kami dalam menjaga ketertiban di dalam kegiatan kampanye para Cawalkot yang masih berlangsung,” katanya di Depok, Jum’at (25/09/2015).

Dari penjelasannya bahwa APK yang pada saat itu ditertibkan adalah APK yang bukan dari terbitan KPU Kota Depok. Dan dan penertiban tersebut, pihaknya akan melakukan pencopotan dan mengumpulkan APK ilegal untuk disimpan di tingkat kota untuk dijadikan sebagai barang bukti.

“Untuk membenahi APK ilegal yang telah terpasang di beberapa titik, kami targetkan akan usai dalam waktu satu hari kerja. Dan untuk lokasi yang akan kami benahi diantaranya di daerah Kelurahan Sawangan, Cinangka, Pengasinan, Bedahan, Pasir PPutih Kedaung dan di Kelurahan Sawangan Baru,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Operasi (Kasidalops) Satpol PP Kota Depok, Diki Erwin dalam keterangannya mengenai penertiban APK ilegal di sejumlah titik di wilayah Kota Depok mengatakan, pihaknya hanya akan menertibkan APK yang bukan keluaran dari KPU. Untuk mengenali ciri cirinya, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Panwascam yang tahu betul ciri ciri APK tertiban KPU Kota Depok.

Dalam melaksanakan kegiatan penertiban APK ilegal tersebut di seluruh wilayah kota Depok, Diki mengaku telah mengerahkan pasukannya sebanyak 180 orang berikut para perwiranya. Jika dalam waktu yang telah ditentukan kegiatan penertiban belum usai, Diki mengatakan akan kembali menjalankannya pada keseokan harinya sampai dengan wilayah kota Depok bersih dari APK ilegal.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)