Pemkot Depok Berencana Bangun Pasar Tradisional Di Tiap Kecamatannya

Pemkot Depok Berencana Bangun Pasar Tradisional Di Tiap Kecamatannya

HarianDepok.com – Berita , Akibat dari pasar tradisional yang ada di kota Depok masih kurang jumlahnya membuat sejumlah masyarakat Depok merasa kesulitan mendapatkan sayur mayur dan makanan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Untuk memenuhinya banyak yang dengan terpaksa harus menempuh perjalanan jauh hanya untuk dapat menuju ke pasar terdekat.

Melihat daripada kondisi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebagai instansi pelayanan masyarakat yang baik saat ini tengah merencanakan pengadaan pasar di seluruh Kecamatannya yang ditargetkan akan rampung programnya pada beberapa tahun kedepan. Program ini diadakan oleh Pemkot Depok setelah melihat kondisi dilapangan dan masukan dari masyarakat yang meminta diadakannya pasar di lingkungannya.

Sampai saat ini, Pemkot Depok sudah memiliki lima pasar tradisional yang sudah berdiri dan menjadi tumpuan hidup bagi sejumlah masyarakat kota Depok. Untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi kepada masyarakat, Pemkot Depok akan membangun kembali sedikitnya enam pasar tradisional dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehari hari.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DUKP) Kota Depok, Supomo dalam tanggapannya mengenai perihal program tersebut mengatakan, bahwa dengan diadakannya satu pasar tradisional di tiap tiap Kecamatan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan sehari hari tanpa perlu menempuh jarak yang panjang dan melelahkan.

Selain untuk membantu mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan bahan makanan pokok, diadakannya pasar tradisional tersebut juga dapat memperbaiki dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar sehingga dapat mengentaskan kemiskinan yang sampai saat ini masih terjadi.

“Untuk merealisasikan pembangunan pasar tradisional di sejumlah Kecamatan, hingga kini masih dalam proses penggodokan. Dan jika tidak ada halangan, dalam dua atau tiga tahun kedepan proyek rencana pembangunan pasar tradisional dapat diselesaikan,” tuturnya di Depok, Jumat (25/09/2015).

Menurut penjelasannya dana untuk proyek pembangunan pasar tradisional ini terbilang sangatlah besar. Oleh sebab itu, pihaknya akan mencoba mencari dana tambahan dari yang lainnya seperti dana dari Kementerian Perdagangan misalnya.

Dan jika permasalahan mengenai biaya dan anggaran proyek pembangunan pasar tradisional sudah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait, maka proyek pembangunannya pun akan dapat dilakukan dengan cepat.

“Untuk target kami dalam menjalankan program penambahan pasar di sejumlah Kecamatan ini masih belum bisa kami pastikan. Namun, jika program dan dananya sudah dianggarkan, baru kami bisa prediksi berapa lama pengerjaannya. Tapi yang pasti rencana pembangunan pasar sudah positif akan kerjakan,” katanya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: