Bangunan Yang Tidak Memiliki IMB di Sepanjang Jalan Margonda Akan Dirobohkan

Bangunan Yang Tidak Memiliki IMB di Sepanjang Jalan Margonda Akan Dirobohkan

HarianDepok.com – Berita – Margonda Raya , Banyaknya bangunan yang berdiri disepanjang jalan Margonda Raya kota Depok yang masih belum memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hingga sampai saat ini, mendapatkan peringatan tegas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang langsung menerbitkan Surat Peringatan (SP) dan diedarkan langsung kepada pemilik bangunan tersebut.

Surat Peringatan (SP) ini sengaja dilayangkan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya fungsi surat IMB di dalam kepatuhannya terhadap peraturan yang berlaku. Hal ini sangat jelas sekali tertuang di Perwal Depok No 12 tahun 2015 yang berisikan mengenai Izin Mendirikan Bangunan.

Menurut data yang dihimpun, sekitar 261 dari 652 unit bangunan yang berdiri kokoh di sepanjang jalan Margonda Raya tidak memiliki IMB. Ini meniadi salah satu faktor lambatnya pembangunan kota Depok yang memang mengandalkan pajak sebagai masukan utamanya guna disalurkan kembali untuk kepentingan masyarakat luas.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti dalam penjelasannya mengenai dilayangkannya Surat Peringatan tersebut kepada para pemilik bangunan tersebut mengatakan, pihaknya telah mendapatkan arahan untuk melakukan penertiban regulasi mengenai tata ruang yang dimana di sepanjang jalan utama kota Depok tersebut masih banyak yang belum memiliki IMB.

“Sampai saat ini, para pemilik bangunan tanpa memiliki IMB sudah kami berikan Surat Peringatan (SP). Selain daripada itu, kami pun juga melakukan kegiatan sosialisasi yang bertujuan agar mereka mau mengurus IMB,” tuturnya.

Namun, dirinya pun juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan tegas dengan mengikuti prosedur yang ada jikalau para pemilik bangunan tidak mengindahkan peringatan yang diberikan yaitu berupa penggusuran paksa. Untuk itu dirinya sangat berharap adanya itikad baik dari para pemilik bangunan tanpa IMB dengan melakukan pengurusan sesegera mungkin.

Jika sampai dengan Surat Peringatan (SP) 3 sudah dilayangkan dan tidak ada respon yang baik dari para pemilik bangunan, maka dengan sangat terpaksa perobohan bangunan dilakukan yang eksekutornya akan dilakukan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok.

Maka daripada itu, dirinya sangat mengharapkan kerjasamanya dari pihak pemilik bangunan untuk dapat mematuhi aturan yang berlaku di kota Depok dengan kata lain mereka mau dan bersedia melakukan pengurusan surat IMB sedini mungkin untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terjadi.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)