Damkar Rutin Lakukan Sosialisasi ke Sekolah

Damkar Rutin Lakukan Sosialisasi ke Sekolah

HarianDepok.com – Berita , Guna mengantisipasi adanya kepanikan masyarakat yang kerap terjadi pada saat adanya sebuah peristiwa kebakaran di wilayah kota Depok, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok saat ini rutin melakukan kegiatan sosialisasi ke sejumlah sekolah yang berdiri di kota Depok dengan tujuan memberikan pendidikan dan informasi mengenai penanggulangan dan pencegahan bencana kebakaran di Kota Depok.

Selain untuk melakukan sosialisasi  terhadap bahaya kebakaran di sejumlah sekolah yang ada, dimaksudkan juga untuk menekan tingginya kasus kebakaran yang kerap ditimbulkan akibat dari lalainya seseorang dalam menggunakan media yang mudah terbakar sehingga dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran yang dapat membahayakan nyawa seseorang.

Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, Yayan Arianto dalam penjelasannya mengenai perihal tersebut mengatakan, tujuan pihaknya dalam melakukan kegiatan sosialisasi ke sejumlah sekolah yang ada di wilayah kota Depok saat ini lebih ditujukan untuk memberikan informasi dan penanggulangan bencana kebakaran.

“Selain melakukan himbauan dan sosialisasi di sekolah sekolah, pihak kami pun juga terus melakukan penjelasan mengenai kebakaran di tingkat Kecamatan sampai di tingkat Kelurahan. Ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara penanggulangan bencana kebakaran dan langkah langkah yang harus diambil,” tuturnya di Depok, Minggu (27/09/2015).

Arianto pun juga menambahkan, dengan dilakukannya sosialisasi mengenai kebakaran disejumlah sekolah yang ada di kota Depok dapat berdampak kepada menyebarnya informasi kepada lingkungan tempat tinggal siswa siswi sekolah sehingga informasi yang diberikan oleh pihaknya dapat tersalurkan secara menyeluruh meskipun tidak secara langsung.

“Mengingat peristiwa kebakaran sangatlah berbahaya dan dapat terjadi dimana saja menjadikan prioritas kami dalam memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat yang ada agar dapat mengerti dan paham serta mampu mengaplikasikannya pada saat terjadinya peristiwa kebakaran,” katanya.

Selain mengadakan kegiatan sosialisasi secara rutin, Damkar Kota Depok juga mengaku telah memiliki Satlakar yang ditempatkan di setiap Kelurahan sebagai salah satu solusi mempercepat proses pengendalian dan penanganan peristiwa kebakaran sehingga dapat tertangani dengan baik.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: