Inilah Alasan Perlu Menggunakan Oli Yang Encer

Inilah Alasan Perlu Menggunakan Oli Yang Encer

HarianDepok.com – OtoNews , Tidak sedikit pemilik kendaraan bermotor meyakini bahwa menggunakan oli yang lebih encer lebih baik daripada yang kental. Menurut Mardiani Indriastuti, Product Head Federal Oil, dengan teknologi mesin yang semakin modern ini memang menuntut oli yang semakin encer. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya seperti, karena celah antar komponen pada mesin terbaru semakin rapat.

“Tidak hanya itu, dengan putaran mesin lebih cepat, beban gesekan akan lebih tinggi, dan suhu mesin pun akan lebih panas,” ucap Mardiani. “Sebab itu dibutukan oli yang lincah, dan hanya dapat dilakukan oleh oli yang encer,” ujarnya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (26/09/2015). Mardiani melanjutkan, kelebihan lainnya dari oli yang encer adalah lebih irit bahan bakar (BBM).

Di dalam salah satu penelitian, menemukan bahwa menggunakan oli yang lebih encer bensin akan menjadi lebih irit hingga 16,9 persen daripada yang kental. Dengan fakta ini, maka pemilik kendaraan bermotor diperbolehkan untuk menggunakan oli yang lebih encer dibanding dengan standar pabrikan.

Pada mobil, biasanya standar olinya adalah SAE 10W-40, maka diperbolehkan untuk menggunakan oli SAE 10W-30. Selain kekentalan, tentu saja, yang harus diperhatikan adalah regularitas penggantian. Untuk pengendara motor biasanya dianjurkan untuk mengganti oli setiap 2.000 sampai 2.500 km.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok