Sering Berubah Tanggal, Kapan Sebenarnya Ulang Tahun Google?

Sering Berubah Tanggal, Kapan Sebenarnya Ulang Tahun Google?

HarianDepok.com – Tekno , Bila melihat dari koleksi doodle ulang tahun Google yang memiliki tanggal berbeda-beda, tentu saja akan menimbulkan pertanyaan, kapan sebenarnya mesin pencarian raksasa tersebut berulang tahun? Pasalnya, jika dilihat dari halaman Wikipedia, Google didirikan sebagai sebuah perusahaan pada tanggal 4 September 1998. Akan tetapi, di doodle Google yang nampak pada 8 September 2003 memperingati hari ulang tahun yang ke-5.

Selang satu tahun, pada tanggal 7 September 2004 Google merayakan ulang tahun yang ke-6 dengan tampilan doodle yang istimewa. Sementara Pada tahun 2005, ulang tahun Google dirayakan pada tanggal 26 September.

Jadi, kapan ulang tahun Google yang sebenarnya?

Seperti yang dikutip dari IBN Live, Minggu (27/09/2015), pada saat awal berdirinya, mesin pencarian raksasa tersebut memperingati hari lahirnya pada tanggal 7 September. Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal berdirinya perusahaan. Tetapi, tanggal tersebut belakangan berubah, dan Google menyatakan bahwa 4 September merupakan tanggal berdirinya perusahaan.

Pada tahun 2005, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal tersebut dipilih oleh Google sebagai hari jadinya supaya perusahaan tersebut dapat mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya kala itu. Saat ini, bila kita mengetik ‘when is google’s birthday’ di kolom pencarian Google, maka mesin pencari tersebut akan menampilkan tanggal 27 September, disertai dengan penjelasan seperti di atas.

Google sendiri didirikan oleh dua sahabat, yaitu Sergey Brin dan Larry Page. Mereka berdua membangun Google ketika masih duduk di bangku kuliah di Stanford University. Alamat ‘Google.com’ mulai terdaftar sejak tanggal 15 September 1997. Pada ulang tahun-nya yang ke-17 hari Minggu (27/09/2015) kemarin, Google merayakannya dengan membuat doodle khusus yang dipajang di halaman utamanya, google.com.

Doodle tersebut terdiri atas monitor komputer jadul dengan tampilan halaman HTML awal Google berlogo lama, dua balon, kotak drawer dengan set yang menyerupai Lego di atasnya, lampu lava, dan kabel yang melilit seolah membentuk huruf “e”. Topi kerucut ulang tahun berwarna biru di atas monitor CRT dan boneka penguin kecil di sampingnya mempermanis doodle ulang tahun yang ke-17.

[ MuhammadKhotib/HD ]

 

Tags: