Inilah Keistimewaan Puasa Arafah Bagi Yang Menjalankannya

Inilah Keistimewaan Puasa Arafah Bagi Yang Menjalankannya

HarianDepok.com , Melaksanakan Ibadah puasa Arafah memang sangat dianjurkan. Puasa sunnah Arafah sendiri dilakukan setiap tanggal 9 Zulhijjah, yakni satu hari sebelum merayakan hari raya Idul Adha. Para jamaah haji pada hari ini sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Menurut Dewan Pakar Pusat Study Al Quran pimpinan M Quraish Shihab mengatakan, puasa Arafah hukumnya adalah sunnah muakkadah, yakni sangat dianjurkan untuk umat Islam yang tidak sedang melakukan ibadah haji. Sementara untuk Jemaah haji, puasa Arafah tidak diperbolehkan.

Berikut adalah beberapa keistimewaan puasa Arafah :

  1. Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang melaksanakan puasa Arafah selama dua tahun, yakni dosa tahun lalu dan dosa tahun yang akan datang
  2. Allah SWT akan menjaganya agar tidak melakukan dosa selama dua tahun
  3. Allah SWT akan membebaskannya dari api neraka.

Rasulullah SAW menyebutkan jika puasa Arafah dihitung di sisi Allah sebagai penghapus dosa tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Selain melaksanakan ibadah puasa Arafah, beberapa hal yang juga bisa dilakukan untuk mendapatkan kemuliaan adalah dengan memperbanyak amal shalih.

Seperti sedekah, salat sunnah, takbir, zikir, tilawah Quran, berbakti kepada orang tua, serta melaksanakan amal shalih lainnya. Dalam melaksanakan ibadah puasa Arafah ini sangat baik jika bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan melaksanakan ibadah puasa Arafah dan amalan-amalannya akan mampu meninggikan derajat kita, memperbanyak catatan kebaikan, serta menghapus dosa-dosa kita.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: