Pengertian Idul Adha dan Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah

Pengertian Idul Adha dan Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah

HarianDepok.com , Idul Adha atau Idul Qurban merupakan Hari Raya umat Islam se-dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah kalender Hijriyah. Pada hari ini diperingati dengan momen qurban, yakni saat Nabi Ibrahim yang kala itu bersedia untuk mengorbankan putranya, Ismail untuk menaati perintah Allah SWT. Namun saat akan disembelih Allah SWT menukar Ismail dengan seekor domba.

Qurban sendiri secara harfiah dapat disimpulkan bermakna hewan sembelihan. Dalam terminologi syariah makna Qurban yaitu hewan yang disembelih ketika hari Raya Idul Adha. Karena lebaran dengan niat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berqurban sendiri dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha, kemudian tanggal 11, 12, 13, hari tasyrik di bulan Hijriyah.

Idul Adha tentunya mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan setiap umat Islam. Makna ini perlu untuk dipahami supaya seluruh umat Islam bisa mengkaji ulang dan bisa melewati berbagai cobaan yang sudah didatangkan dari Allah SWT.

Berikut adalah bacaan niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah :

niat

 

 

 

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:

One Response

  1. author

    Rifai10 months ago

    Semoga umat Islam yang telah mampu semakin sadar akan berkurban dan berbagi kebahagiaan kepada mereka yang kurang mampu di setiap hari raya Idul Adha. Lembaga yang menyediakan sapi qurban dan kambing yang membantu pelaksanaan qurban seperti globalqurban.com

    Reply

Leave a Reply