Mulai 27 September 2015, Perpanjangan SIM Bisa Secara Online

Mulai 27 September 2015, Perpanjangan SIM Bisa Secara Online

HarianDepok.com – OtoNews , Mulai 27 September 2015 nanti para pengendara kendaraan bermotor akan mendapatkan kemudahan dalam hal pengurusan SIM. Untuk melakukan perpanjangan SIM nantinya dapat dilakukan secara online tanpa harus repot-repot datang ke Samsat. Untuk periode awal, perpanjangan SIM secara online ini akan mulai berlaku untuk wilayah Jabodetabek terlebih dulu. Para pengendara dari wilayah tersebut akan bisa memperpanjang SIM di manapun.

Seperti yang dikatakan AKBP Ipung Purnomo, juru bicara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang juga menjabat sebagai Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, “Jadi nanti yang membuat SIM di wilayah Polda Metro Jaya atau warga Jabodetabek dapat melakukan perpanjangan SIM dari manapun,” ungkapnya. Untuk prosedurnya sendiri, para peserta yang akan memperpanjang masa berlaku SIM cukup hanya dengan membawa SIM yang masih aktif dan KTP yang sudah memakai NIK e-KTP.

Tapi yang harus diingat, lakukanlah perpanjangan masa SIM sebelum masa berlaku habis. SIM yang sudah kedaluwarsa masa berlakunya tidak akan dilayani di sistem perpanjangan SIM secara online. Perpanjangan SIM secara online ini dapat dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling yang tersebar di seluruh Indonesia. Nantinya program perpanjangan SIM online ini juga akan diperluas lagi cakupannya sehingga kedepannya dapat bersifat nasional.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok