Manfaat Sehat Konsumsi kurma Saat Hamil

Manfaat Sehat Konsumsi kurma Saat Hamil

HarianDepok.com – Kesehatan , Ibu hamil tentunya memerlukan makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan mereka. Makanan kaya nutrisi tersebut salah satunya adalah kurma. Apa sih khasiatnya makan kurma bagi ibu hamil? berikut ada beberapa manfaat baik kurma bagi ibu hamil, seperti yang dilansir momjunction.com.

  1. Sumber serat

Serat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, karena mampu mencegah komplikasi kehamilan seperti wasir dan sembelit. Dan kurma merupakan makanan tinggi serat yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan. Menurut hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Hypertension menjelaskan, dengan mengonsumsi makanan tinggi serat di awal kehamilan mampu mengurangi risiko preeklampsia menjelang akhir kehamilan.

2. Camilan sehat

Kurma memiliki banyak kandungan kalium yang berguna untuk membantu ibu hamil menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh mereka sehingga volume darah akan meningkat selama kehamilan. Kurma juga mengandung kalsium yang bisa mendukung pertumbuhan tulang janin serta zat besi yang mampu mencegah anemia pada ibu hamil. Buah ini juga memiliki kandungan folat,niacin, vitamin B-6, seng, magnesium dan mangan.

3. Kaya nutrisi

Seperti yang dilansir Live Strong, ibu hamil memerlukan sekitar 300 kalori per hari. Dan dihimbau untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang rendah nutrisi, namun ibu hamil lebih dianjurkan untuk memilih makanan padat nutrisi seperti halnya buah kurma.  Kurma kaya akan vitamin dan mineral, dan kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kurma juga mengandung zat besi, kalsium dan folat yang baik untuk pertumbuhan janin.

Demikian beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil. Untuk menambah energi serta memenuhi kebutuhan serat harian,  Anda dapat mengonsumsinya setiap hari.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: