Kota Depok Masih Kekurangan Gedung Sekolah

Gedung SDN I Pondok Cina Depok Diratakan Dengan Tanah

HarianDepok.com – Berita , Kurangnya daya tampung serta jumlah sekolah yang ada di kota Depok, masih menjadi salah satu problema yang belum dapat diselesaikan oleh Pemkot Depok sehingga membuat para siswa siswi yang akan ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi terpaksa bersekolah di luar kota Depok.

Hal ini sangatlah berlawanan dengan program Pemkot Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Layak Anak dimana untuk menciptakannya haruslah didukung dengan sarana dan prasarana yang mumpuni seperti Sekolah, kesehatan dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Herry Pansila dalam tanggapannya mengenai hal tersebut mengakui bahwa sampai saat ini jumlah persentase siswa siswi  lulusan ajaran tahun 2015 sekolah Depok meneruskan sekolahnya di luar Depok yang diakibatkan oleh masih kurangnya gedung sekolah serta kapasitasnya yang kurang memadai.

Namun, untuk mengatasi hal tersebut Herry mengaku telah melakukan beberapa solusi untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menambah kuota daya tampung di setiap sekolah yang ada di wilayah kota Depok sehingga dapat menekan akan adanya siswa siswi lulusan kota Depok yang hijrah bersekolah di luar Depok.

“Kelebihan lulusan dibanding dengan daya tampung sekolah saat ini kami sudah mendapatkan beberapa solusi dengan memaksimalkan penggunaan gedung gedung sekolah yang ada di Depok. Dengan begini, saya berharap dapat menampung seluruh siswa siswi yang ingin melanjutkan sekolahnya tanpa harus keluar dari wilayah Depok,” terangnya di Depok, Senin (14/09/2015).

Diterangkannya bahwa minat dalam melanjutkan pendidikan di wilayah Depok secara berjenjang di tiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal inilah yang menjadi problema dimana pada daya tampung di setiap sekolah di kota Depok semakin tidak mencukupi. Maka daripada itu, Herry telah membuat beberapa kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggalakkan kurikulum yang berbasis bakat dan potensi melalui sekolah potensi.

“Untuk kelebihan SDM akan diarahkan sesuai dengan bakat serta potensinya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja saat ini. Itupun juga akan disesuaikan dengan keterampilan dan keahlian dari para pengajar sehingga dapat memaksimalkan para lulusan dari sekolah Depok,” tuturnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: