Gedung SDN I Pondok Cina Depok Diratakan Dengan Tanah

Gedung SDN I Pondok Cina Depok Diratakan Dengan Tanah

HarianDepok.com – Berita – Beji , Salah satu gedung Sekolah Dasar Negeri satu Pondok Cina yang ada di kota Depok saat ini kondisinya sudah tidak berpenghuni lagi alias sudah kosong dan dialihkan kegiatan belajar mengajarnya ke Sekolah Dasar Negeri Empat Pondok Cina untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan lahan sekolah tersebut mengalami imbas dari rencana pelebaran jalan yang akan dilakukan oleh Pemkot Depok dalam waktu dekat ini.

Sekolah yang daya tampungnya mencapai hampir 400 murid ini memang sudah dikabarkan sejak lama akan diratakan dengan tanah guna memperkecil dampak dari tingkat kemacetan di Depok yang sampai saat ini dari tahun ke tahun semakin tinggi ggrafiknya. Maka daripada itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkot Depok dengan terpaksa membuat keputusan ini sebagai salah satu solusi yang paling baik dikeduanya.

Selain untuk mengurangi tingkat kemacetan yang ada, relokasi gedung sekolah tersebut juga dimaksudkan agar para siswa siswi yang bersekolah di sekolah tersebut dapat lebih fokus belajar dan nyaman tanpa mendapatkan gangguan dari bisingnya kendaraan yang melintas di sekolah. Selain itu, juga siswa siswi dapat terhindar dari bahayanya asap karbon yang dihasilkan dari pembuangan kendaraan.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Beji, Siti Nurjanah mengatakan bahwa, seluruh siswa siswi yang bersekolah di SDN 1 Pondok Cina saat ini sudah dipindahkan ke SDN IV Pondok Cina untuk sementara waktu dikarenakan gedung sekolah akan dibongkar dan dijadikan sebagai jalan.

Dari pengakuannya bahwa relokasi sementara waktu ini sudah dijalankan sejak April 2015 lalu akibat imbas dari terkena pelabaran jalan yang pengerjaannya sampai saat ini masih tertunda dikarenakan terjadinya gejolak ekonomi yang menghantam negara Indonesia sehingga proyek ditunda dengan alasan beban pengerjaan dan pembelian material melonjak tinggi.

“Untuk dijadikan apa saya juga kurang jelas informasinya, namun untuk saat ini, kami hanya mendapatkan perintah untuk segera merelokasi murid murid ke SDN IV Pondok Cina. Untuk kedepannya, apakah nantinya akan ditetapkan selamanya atau dibangun kembali di lokasi lain gedung sekolah sebagai ganti dari penggusuran sekolah yang lama saya pun juga belum mendapatkan informasi lagi,” tuturnya di Depok, Jum’at (18/09/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Herry Pansila pada beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa pihaknya telah menganggarkan APBD kota Depok untuk digunakan sebagai peningkatan jumlah sekolah dan renovasi beberapa sekolah yang ada di kota Depok untuk mengantisipasi akan adanya lonjakan murid yang saat ini masih terjadi.

Dalam merealisasikan hal tersebut, Herry pun mengaku akan melakukan beberapa kebijakan tentang pengalihan sementara waktu kegiatan belajat mengajar siswa siswi hingga sampai rampungnya pembangunan dan renovasi sekolah yang diharapkannya dapat terealisasi dan selesai sampai tahun 2016 mendatang.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)