Gempa 8,3 SR di Chile Picu Tsunami, 5 Tewas dan 1 Juta Warga Mengungsi

Gempa 8,3 SR di Chile Picu Tsunami, 5 Tewas dan 1 Juta Warga Mengungsi

foto : okezone.com

HarianDepok.com – Berita – Internasional ,  Gempa berkekuatan 8,3 skala Ritcher (SR) yang mengguncang Chile pada Rabu (16/09/2015) menewaskan sedikitnya lima orang dan lebih dari satu juta orang terpaksa harus meninggalkan rumah mereka dan tinggal di tempat pengungsian untuk sementara waktu. Gelombang laut atau tsunami setinggi 4,5 meter menghantam Kota Coquimbo usai sebelumnya terjadi gempa yang terasa sampai Argentina.

Guncangan tersebut diikuti oleh beberapa kali gempa susulan.Tidak hanya di Chile, peringatan tsunami juga dikeluarkan di Hawaii dan California (Amerika Serikat) dan French Polynesia. Pemerintah Selandia baru juga memperingatkan munculnya gelombang laut yang kuat di wilayah pesisir timur. Seperti yang dilansir Reuters, Kamis (17/09/2015), lebih dari 1 juta orang di Chile sudah mengungsi.

Pemerintah pun sudah memerintahkan untuk mengevakuasi warga di daerah pesisir. Gempa yng disertai kuatnya gelombang laut memicu datangnya banjir di daerah tersebut dan menyebabkan bangunan rusak serta aliran listrik dan air terhenti.

Menurut angkatan laut Chile, Kota Coquimbo yang terletak di daerah pesisir terkena gelombang air smpai 4,5 meter pasca gempa. Di tengah-tengah upaya evakuasi warga terselip laporan adanya penjarahan pada rumah-rumah yang ditinggal penghuninya. Galleguillos mengatakan laporan tersebut muncul dari warga di kota Los Vilos yang berada di wilayah tepi pantai.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok