INKA Akan Bangun Pabrik Kereta LRT pada 2016

INKA Akan Bangun Pabrik Kereta LRT pada 2016

HarianDepok.com – Bisnis , Pada tahun depan PT Industri Kereta Api (INKA) Persero berencana akan membangun pabrik khusus pembuatan kereta Light Rail Transit (LRT). Rencana ini menyusul penugasan dari pemerintah kepada INKA untuk memproduksi kereta tanpa masinis dengan usulan suntikkan modal dari negara sebesar Rp 1 triliun. Menurut Agus Purnomo, selaku Direktur Utama INKA pada Kamis (17/09/2015) mengatakan, perseroan sudah menyusun rencana bisnis dari alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 1 triliun

yang diusulkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada Komisi VI DPR. Ia menambahkan, PMN ini akan digunakan untuk membangun pabrik LRT baru dan merehabilitasi mesin-mesin di pabrik INKA yang sudah tua. Usia mesin-mesin tersebut sudah di atas 30 tahun. Dijelaskan Agus, perseroan mendapat penugasan untuk membuat kereta LRT yang akan menghubungkan Cibubur-Dukuh Atas. Sementara pabrik INKA di Madiun, Jawa Timur, sambungnya, sudah dipenuhi dengan orderan produksi kereta barang dan penumpang.

Sedangkan untuk memproduksi kereta LRT dan KRL akan ditampung di pabrik lain. Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan mengungkapkan, LRT adalah moda transportasi massal berbasis rel ramah lingkungan karena pembangunannya dilakukan secara evated di atas ruang milik jalan tol dan non tol. Hal tersebut memungkinkan pembebasan lahan menjadi seminimal mungkin. Rencanya, pembangunan tahap I akan selesai pada tahun 2018.

Sementara lintas pelayanan LRT tahap II akan dimulai pada kuartal akhir tahun 2016 dan berakhir pada tahun 2018. Untuk pembangunan tersebut, ADHI memanfaatkan penyertaan modal negara senilai Rp 1,4 triliun dan publik Rp 1,35 triliun. ADHI sendiri sudah memperoleh persetujuan PMN berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2015 tentang APBN 2015 dan sudah memperoleh Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2015 dalam rangka merealisasikan rencana pembangunan transportasi massal LRT.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok