Foto Pernikahan Sejenis di Bali Hebohkan Medsos

Foto Pernikahan Sejenis di Bali Hebohkan Medsos

HarianDepok.com – Berita – Bali , Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan beredarnya foto-foto  pernikahan sesama jenis yang dilakukan oleh dua orang pria. Pernikahan sesama jenis yang diduga dilakukan di Bali ini merupakan pertama kalinya yang dilaksanakan di Indonesia.  Padahal pemerintah Presiden Joko Widodo belum mengesahkan perkawinan sesame jenis atau Lesbian, Gay, Biseksual, dan  Transgender (LGBT). Lalu siapa kah pasangan yang berani itu? Pasangan sesama jenis yang sedang di mabuk asmara tersebut adalah Tiko Mulya seorang WNI dan Joe Tully seorang WNA.

Awal mula diketahui kabar pernikahan sejenis tersebut dari sebuah akun Facebook bernama Ali Subandoro yang membagikan semua foto-foto pernikahan sejenis itu di jejeraing sosial Facebook. Dalam unggahan foto-fotonya, Ali mengucapkan selamat kepada kedua mempelai. Namun sayang, akun Ali Subandoro saat ini sudah dinon-aktifkan. Sehingga foto-foto pernikahan sejenis di Bali itu pun ikut lenyap.

Namun sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti kebenaran serta lokasi prosesi pernikahan tersebut. Pasca beredarnya foto-foto tersebut kemudian muncul sejumlah kecaman yang datang dari berbagai pihak. Diantaranya dari Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan arasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Mangku Pastika menyebutkan, Bali memang menjadi tempat yang menjadi daya tarik dunia, terkadang yang datang memberikan aura positif, tapi ada juga aura negatif.

Ia menambahkan, sesuatu yang negatif adalah seperti hal yang tabu dengan menjadikan Bali sebagai tempat berlangsungnya pernikahan sejenis. “Ini tidak boleh terjadi di Bali. Apalagi bagi agama Hindu hal itu sangat dilarang, karena itu kita harus beri teguran dan persisnya di mana tempat itu berada. Coba tanyakan jika ada waktu kepada Majelis Desa Pakraman atau Majelis Desa Madya karena itu adalah suatu aib dan itu tabu,” ungkap Pastika di Denpasar, Rabu (16/09/2015).

Menurut Pastika, apapun alasannya pernikahan sejenis dilarang di bali. “Tidak boleh itu. di manapun itu tidak boleh menurut Hindu, sangat dilarang,” tuturnya. Dia meminta kejelasan di mana persisnya lokasi pernikahan sejenis itu dilakukan. Terlebih, disebut-sebut pernikahan sejenis itu juga dihadiri oleh seorang pemimpin agama Hindu. “Di mana persisnya, akan kita tegur. Kita tanyakan ke Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP),” ujarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok