Hari Ini Transaksi di Bank Dolar AS Tembus Level Rp14.500

Hari Ini Transaksi di Bank Dolar AS Tembus Level Rp14.500

HarianDepok.com – Bisnis , Hingga hari ini nilai psikologis rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang diperdagangkan di perbankan di Indonesia terus mengalami pelemahan. Saat ini, per satu dolar AS sudah tembus di level Rp14.500. Berdasarkan laman resmi Bank Central Asia, Rabu (16/09/2015), kurs jual yang dipatok yakni senilai Rp14.555 per dolar AS untuk transaksi di counter resmi bank tersebut. Sementara kurs beli yang ditetapkan senilai Rp14.255 per dolar AS.

Sedangkan di beberapa bank pelat merah, seperti Bank Mandiri, berdasarkan informasi kurs pagi ini di laman resminya, dolar AS dijual seharga Rp14.450 per dolar. Sementar harga beli yang ditetapkan yakni Rp14.420 per dolar AS. Sementara di Bank Negara Indonesia (BNI), kurs dolar AS yang ditetapkan hari ini untuk transaksi jual senilai Rp14.495 per dolar AS. Sedangkan untuk transaksi beli, dipatok senilai Rp14.345 per dolar AS.

Menurut prediksi Ekonom BCA David Sumual, pergerakan nilai rupiah hari ini akan cenderung tertekan akibat sentimen global. Artinya, rupiah diperkirakan masih akan bertengger di zona merah. Menurut dia, saat ini mata uang di seluruh dunia termasuk mata uang Indonesia akan tertekan mengingat isu bank sentral AS (The Fed) yang akan mengarah pada kebijakan baru, di mana rencananya akan diumumkan pada akhir pekan ini, Kamis (17/09/2015) besok

Ia menambahkan, rupiah hari ini masih bergerak melemah di kisaran Rp 14.380 sampai Rp 14.450. Sementara menurut Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, juga memperediksi rupiah masih akan berada di zona merah seiring belum adanya sentimen positif yang bisa meyakinkan pelaku pasar akan perbaikan mata uang rupiah. Bukan hanya itu, sentimen negatif juga datang dari berita menyangkut pertumbuhan kredit di

Tiongkok, Turki, dan Brasil yang mengkhawatirkan serta laporan dari Bank for International Settlement, bahwa perbankan negara berkembang lebih rentan terhadap krisis. Hal tersebut memberikan tekanan pada beberapa laju mata uang Asia, termasuk rupiah. Ia menambahkan, melihat masih adanya potensi maka pelemahan nilai tukar Rupiah masih akan berlanjut. Laju Rupiah di bawah target resisten batas atas senilai Rp 14.380. Dan rupiah pada hari ini akan berada di kisaran Rp 14.385 hingga Rp 14.365.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: