Bacaan Niat Dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Bacaan Niat Dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

HarianDepok.com , Seluruh umat muslim didunia tentunya harus mengetahui tentang makna ‘Roh Haji’ meskipun kita semua belum bisa berangkat ke Tanah Suci dengan tujuan untuk mendapatkan pahala yang disarankan di 10 hari pertama pada bulan Zulhijjah. Namun Allah SWT menganjurkan kepada semua umat muslim agar bisa memperoleh banyak manfaat di atas keutamaan para jemaah haji yang telah diberikan amanah besar dalam menunaikan rukun Islam ke-5, yakni naik haji kepada setiap muslim yang memang sudah mampu.

Bagi siapapun umat muslim yang belum dapat menunaikan Ibadah haji, banyak keterangan dari Sunah Rasulullah SAW, yang menganjurkan agar hita melaksanakan Puasa Dzulhijjah di bulan Idul Adha ini. Dengan tujuan, setiap seorang muslim dapat dengan khusus mengetahui arti ‘Roh Haji’, sebab, Allah SWT akan tetap memberikan pahala dan juga rahmat-Nya untuk setiap hambanya yang bisa tetap menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Seperti banyak keterangan dari hadits Shahih, pada tanggal 1 hingga 10 di bulan dzulhjah ini, selain dianjurkan untuk memperbanyak istighfar,  dzikir, berdoa  dan melakukan sedekah, ada satu lagi yang sangat penting, yakni melaksanakan Puasa Dzulhijjah. Tepatnya mulai tanggal 1 hingga tanggal 10 di bulan Dzulhijah.

Lantas apa sajakah keutamaan Puasa Dzulhijjah? Seperti yang dikatakan salah satu hadits sahih, yang diriwayatkan dari Ibn Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amal soleh yang dilakukan di hari-hari lain yang sangat disukai daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari pertama di bulan Zulhijjah.” (Hadith Riwayat al-Bukhari). Dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Berikut adalah bacaan niat puasa sunah tanggal 1-7 Dzulhijjah :

Bacaan Niat Dan Keutamaan 9 Hari Puasa Dzulhijjah

Artinya : “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala”

Niat puasa Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah :

Bacaan Niat Dan Keutamaan 9 Hari Puasa Dzulhijjah

Artinya : “Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala”

Niat puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah :

Bacaan Niat Dan Keutamaan 9 Hari Puasa Dzulhijjah

Artinya : “Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala”

[ MuhammadKhotib/HD ]

 

Tags: