Pemkot Depok Siapkan Program Baru Untuk Mengentaskan Kemiskinan

Pemkot Depok Siapkan Program Baru Untuk Mengentaskan Kemiskinan

HarianDepok.com – Berita – Bojongsari , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya dengan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok telah mengucurkan dana yang akan diperuntukan kepada masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) kota Depok, Diah Saidah dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, bahwa program KUBE yang dilakukannya saat ini merupakan salah satu upaya Pemkot Depok dalam pemberdayaan masyarakat agar dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan terbebas dari kemiskinan.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa faktor yang menjadi sasaran Pemkot Depok dalam merealisasikan program KUBE yang diantaranya adalah pemberian bantuan stimultan untuk kegiatan usaha ekonomi produktif, memberikan bimbingan dalam membuka dan mengelola usaha serta meningkatkan keterampilan seluruh anggota.

“Saat ini, dana yang akan digelontorkan untuk menciptakan ekonomi masyarakat yang lebih baik ini akan diberikan kepada 140 terpilih yang semuanya itu berasal dari dua kelurahan yang ada di Bojongsari,” terangnya di Depok, Jum’at (11/09/2015).

Dalam teknis pelaksanaannya, dari 140 orang yang terpilih mendapatkan dana bantuan, akan dibagi sebanyak 14 kelompok yang pasa masing masing kelompok terdapat 10 orang. Sedangkan dana yang akan diberikan kepada tiap kelompoknya yaitu sebesar 20 juta rupiah.

Dalam merealisasikan program tersebut, ada beberapa usaha yang dapat diambil dan dijalankan oleh masing masing kelompok yang diantaranya adalah, di sektor perdagangan umum seperti pembuatan kue, masakan, dan jenis jenis makanan yang lainnya sedangkan di sektor jasa para kelompok dapat membuat usaha jenis reparasi kendaraan, pulsa, menjahit dan sejenisnya, untuk di sektor pertanian meliputi tanaman hias, buah dan sayur mayur.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa, tujuan diberikannya dana KUBE kepada masyarakat agar bisa diputar kembali dengan menjalankan beberapa usaha ini, bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan bawah sehingga kedepannya dapat terwujud masyarakat kota Depok yang baik.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan agar seluruh masyarakat Depok dapat mengembangkan keterampilannya dalam berniaga agar bisa meningkatkan perekonimiannya lebih baik lagi sehingga dapat tercipta kehidupan yang mandiri dan sejahtera,” harapnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)