Kelola Sampahnya Sendiri, Warga Kecamatan Tapos Meraup Keuntungan 14 juta Dari Bank Sampah

Kelola Sampahnya Sendiri, Warga Kecamatan Tapos Meraup Keuntungan 14 juta Dari Bank Sampah

HarianDepok.com – Berita – Tapos , Sampah dianggap oleh sebagian besar orang sebagai salah satu hal yang kotor dan menjijikan dan tidak bermanfaat lagi sehingga dibuang begitu saja. Lain halnya dengan warga Kecamatan Tapos yang bekerja bersama sama membangun kesadarannya dalam mengolah sampah sisa rumah tangga sehingga dapat bermanfaat dan menghasilkan rupiah.

Berkat kerja kerasnya selama ini dalam mengolah sampah dengan swadaya warga sekitar, mereka dapat menghasilkan uang tambahan sebesar 14 juta tiap bulannya. Hal ini membuktikan bahwa sampah adalah salah satu hal yang dapat dijadikan penghasilan tambahan bagi seseorang yang berniat untuk mengolah sampahnya sendiri sehingga dapat bernilai ekonomis tinggi.

Ketua Komunitas Bank Sampah Tapos, Raihatul Jannah dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa warga Tapos selain untuk menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok dalam pengolahan sampah ini dimaksudkan juga supaya masyarakat yang lain dapat melakukan hal yang sama. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, lingkungan pun dapat terjaga kebersihannya.

“Untuk bank sampah dengan pemasukan sampai dengan 12 ton, sudah menghasilkan sebanyak 14 juta rupiah. Kedepannya, kami akan berusaha meningkatkan kembali profit keuntungan dengan mengajak serta warga yang masih belum berpartisipasi,” tuturnya di Depok, Jum’at (11/09/2015).

Dirinya mengatakan bahwa saat ini di seluruh wilayah Kecamatan Tapos, terdapat 50 bank sampah yang aktif dengan jumlah anggota mencapai 1000 orang. Jumlah kepesertaan ini diharapkannya meningkat sehingga dapat menambah penghasilan dan mengurangi kuota sampah yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan di setiap kota.

“Untuk hasil dari pengolahan sampah memang tidak bisa diperkirakan, dikarenakan harga limbah plastik yang selalu berubah ubah setiap waktu. Meskipun demikian, hasil daripada pengolahan sampah ini sangat dirasakan warga yang dapat membantu perekonomian serta tambahan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari,” katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)