Pemkot Depok Terapkan Program Baru KLA Untuk Anak Anak di Depok

Pemkot Depok Harus Lakukan Reformasi Birokrasi

HarianDepok.com – Berita , Guna menunjang terwujudnya kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA) saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan beberapa perbaikan di sarana penunjang yang diantaranya adalah, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk anak anak dan memperbaiki beberapa lahan hijau untuk dijadikan taman kota sekaligus taman bermain untuk anak.

Tak hanya itu saja, Pemkot Depok pun juga telah memberikan sarana khusus anak anak di gedung perpustakaan kota Depok untuk dijadikan sarana edukasi dalam menimba ilmu pengetahuan. Dengan beberapa upaya tersebut, kota Depok telah berhasil menggapai predikat membanggakan yang diberikan oleh pemerintah pusat pada beberapa waktu lalu.

Namun, upaya Pemkot Depok untuk mewujudkan kotanya sebagai KLA tidak berhenti sampai disitu saja, saat ini Pemkot Depok telah mengeluarkan kebijakan baru dimana nantinya kebutuhan anak anak dalam mendapatkan ilmu pengetahuan akan dibantu dengan diberikannya Kartu Identitas Anak (KIA) yang akan dilaksanakan pada Oktober 2015 mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Epi Yanti mengatakan, bahwa program KIA nantinya akan dikhususkan bagi anak anak di seluruh kota Depok dengan batas usia 5 sampai dengan 18 tahun dengan tujuan mempermudah anak anak dalam mendapatkan buku ilmu pengetahuan.

“Program KIA ini dimaksudkan untuk mendata anak anak yang ada di seluruh wilayah kota Depok sekaligus untuk memperingan beban orangtua dalam mengadakan buku buku pelajaran bagi anak anaknya yang berusia 5 hingga 18 tahun. Untuk itu kami sudah berkoordinasi dengan beberapa toko buku di Depok agar kartu KIA bisa digunakan dalam berbelanja,” tuturnya di Depok, Jum’at (11/09/2015).

Untuk mensukseskan hal tersebut, Epi mengaku akan segera melakukan penandatangan kerjasama dengan sejumlah toko buku yang ada di kota Depok agar kartu KIA dapat digunakan sebagai tanda khusus untuk mensapatkan diskon pembelian buku yang besarannya hingga mencapai 30 persen.

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini jumlah anak anak yang ada di kota Depok sebanyak 460.000 anak yang akan mendapatkan KIA dengan teknis pembagiannya akan dilakukan oleh masing masing Kelurahan. Saat ditanya mengenai berapa besaran dana yang dikeluarkan untuk program tersebut Epi enggan berkomentar lebih jauh lagi.

Namun dirinya mengatakan, bahwa program ini adalah kebijakan Pemkot Depok dalam rangka menjadikan kotanya agar menjadi Kota Layak Anak. “Untum pelaksanaan pembuatan KIA ini seharusnya ada di Disdukcapil Depok, namun karena ini adalah salah satu program untuk meningkatkan mutu pendidikan dan keaejahteraan anak, maka tentunya kami bekerja bersama sama dengan dinas terkait,” katanya.

Dengan adanya kebijakan Pemkot Depok dalam meningkatkan kualitas anak anak di kotanya ini, diharapkan kedepannya, anak anak bisa menjadi penerus bangsa yang berpendidikan dan berpengetahuan luas sehingga dapat mewujudkan kota Depok sebagai kota satelit yang lebih baik.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: