Wanita Hongkong Keranjingan Diet Ekstrem Menonton Matahari

wanita-hong-kong-keranjingan-diet-ekstrem-menonton-matahari

HarianDepok.com – Berita Unik – Baru-baru ini sebuah fenomena diet cara baru diperagakan oleh sekelompok wanita di Hong Kong. Dalam aksinya mereka menempatkan diri dengan mebelalakkan mata mereka ke matahari dalam waktu yang lama.

Para wanita yang berusia 20-an tiba di pantai Sam Ka Village, Hong Kong di pagi hari, berdiri nyaris setengah hari, dan baru pulang mendekati senja.

Seperti dilaporkan Shanghaiist, Jumat (11/9) setibanya peserta diet di pantai, mereka langsung melepas alas kaki, memakai kaca mata, menyetel alarm ponsel dan secara sederhana menghadapkan badan dan mata mereka tepat ke arah matahari.

Surat kabar Oriental Daily pada bulan lalu memberitakan, tidak diketahui persis siapa penggagas diet ekstrem tersebut. Para peserta diet yang ditemui mengaku percaya energi solar yang diserap dapat mengganti dengan kalori yang mereka butuhkan sehari-hari, yang bisanya diperoaleh dari konsumsi makanan.

“Kita berlatih untuk memandang matahari sebagai pengganti energi makanan konvensional, satu dari kita telah menyelesaiakan cara ini, kini kadar makannya telah berkurang dari sebelumnya, bahkan lainnya ada yang bisa tidak makan sama sekali!,” tutur seorang dari peserta diet yang tidak disebut namanya.

Praktik diet nyeleneh ini konon telah dilakukan turun temurun berdasarkan sejarah leluhur di Tiongkok daratan, beribu tahun lalu.

Disebutkan The Independent, pada awal abad 20 paktik ini sempat dipopulerkan oleh William Horatio Bates, sebagai bentuk terapi alternatif.

Pada tahun 2011, sebuah dokumenter berjudul “Makan Matahari”, seorang pemula dibidang ini harus kuat terbelalak menghadap matahari selama 10 detik. Hingga saatnya telah masuk tingkatan yang lebih handal, mereka harus kuat melihat matahari selama 44 menit setiap harinya.

Namun dalam hal medis, dokter dengan tegas menyebut hal ini adalah ide buruk karena manusia tetap membutuhkan asupan gizi rutin dari makanan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer