Resmi Meluncur, Inilah Kecanggihan iPad Pro

Resmi Meluncur, Inilah Kecanggihan iPad Pro

HarianDepok.com – Tekno – Tablet , Apple akhirnya meluncurkan secara resmi tablet terbarunya, iPad Pro dalam sebuah acara yang digelar di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, AS, pada Kamis (10/09/2015) dini hari WIB. Seperti apakah spesifikasi tablet baru Apple tersebut? iPad Pro hadir menjadi tablet iPad terbesar yang pernah dibuat Apple, dengan bentang layar 12,9 inci serta teknologi Retina display khas Apple. Tablet dengan ketebalan 6,9 mm dan bobot 700-an gram itu di dalamnya mengusung prosesor 64-bit Apple A9X dengan fabrikasi 16 nm.

Prosesor tersebut diungkapkan langsung oleh Phill Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple di tengah-tengah acara peluncuran, Prosesor tersebut mempunyai kinerja 1,8 kali lebih baik daripada prosesor A8X sebelumnya. Bukan hanya itu, terdapat juga motion processor M9 untuk mengoleksi dan mengolah data dari sensor-sensor yang dimiliki iPad Pro. Namun, Schiller tidak mengatakan secara pasti berapa kapasitas memori RAM yang diusung oleh iPad Pro.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan internal, terdapat model 32 GB dan 128 GB. Dari segi kamera, Apple menyematkan kamera iSight 8 megapiksel dengan lensa 5 elemen yang mempunyai diafragma f/2,2, yang disertai dengan fitur lampu flash True Tone serta kemampuan merekam video dalam resolusi 4K. Pihak Apple juga tidak menjelaskan secara detail berapa kapasitas daya baterai iPad Pro, tetapi di atas panggung, Schiller meyakini kalau baterai iPad Pro dapat bertahan selama 10 jam untuk menonton video atau browsing web.

Dari sektor audio, iPad Pro saat ini dilengkapi dengan speaker di keempat sudutnya. “Empat speaker ini akan menyeimbangkan suara stereo tergantung bagaimana Anda memegangnya,” ujar Schiller. Dan yang tidak kalah penting, iPad Pro saat ini juga dilengkapi dengan pena stylus yang oleh Apple diberi nama Pencil yang dijual secara terpisah.

Sedangkan Fitur lain yang dimiliki iPad Pro adalah konektivitas Wi-Fi 802.11ac, LTE sampai 150 Mbps, Bluetooth 4.0, sensor sidik jari Touch ID serta menjalankan sistem operasi iOS9 dengan fitur multitasking. iPad pro juga dapat dipadukan dengan keyboard khusus bernama Smart Keyboard, yang tentunya dijual secara terpisah juga. Tablet terbaru Apple ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni abu-abu , emas dan perak.

Berikut adalah daftar spesifikasi singkat iPad Pro:

Tebal: 6,9 mm

Bobot: 0,7 kg

Layar: 12,9 inci Retina display

Prosesor: 64-bit 16-nanometer Apple A9X, M9 motion coprocessor

Penyimpanan: 32, 128 GB

Kamera: 8-megapiksel, iSight camera, f/2.2,

Konektivitas: Wi-Fi 802.11ac dengan MIMO, LTE 150 Mbps, Bluetooth 4.0

Sensor: Touch ID

Sistem operasi: iOS 9

Warna: Space Gray, Gold, dan Silver.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: