Daftar Lengkap Rute Dan Stasiun LRT

Daftar Lengkap Rute Dan Stasiun LRT

HarianDepok.com – Bisnis , Proyek light rail transit (LRT) atau yang disebut kereta ringan akan melalui banyak rute. Moda transportasi ini juga mempunyai banyak tempat pemberhentian atau stasiun. Di mana sajakah lokasinya? Ada sejumlah rute layanan yang rencananya akan diakomodasi oleh moda transportasi modern ini. Proyek ini akan dibangun secara dua tahap, dengan total panjang mencapai 83,6 kilometer (km).

Tahap pertama akan meliputi rute Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, Bekasi Timur-Cawang dengan 18 stasiun serta panjang 42,1 km. Seperti yang dikatakan Ki Syahgolang Permata kala, Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Kamis (10/09/2015)”Contoh stasiunnya seperti di Cawang, Taman Mini, Dukuh Atas dan Kuningan,” ucapnya.

sementara tahap kedua bakal meliputi lintas pelayanan Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, Palmerah Grogol, Cibubur-Bogor  dengan panjang 41,5 km. Totalnya akan ada lebih dari 20 stasiun yang akan menjadi tempat pemberhentian kereta berkecepatan 60-80 km per jam ini. “Untuk stasiunnya sudah ditentukan perkiraan lokasinya. Tapi belum pasti. Tapi tetap di sekitar situ,” ujar JA Barata, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan.

Barata mengungkapkan, dengan hadirnya moda transportasi ini diklaim akan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dari dan menuju Jakarta dari kota-kota satelitnya, khususnya yang dilalui jalur ini. “Analoginya seperti KRL (Commuter Line) saat ini ditumpangi sekitar 800.000 penumpang setiap harinya. Jika tidak ada KRL, mungkin orang akan semakin banyak naik kendaraan pribadi,” tuturnya.

Berikut adalah rincian stasiun yang akan menjadi pemberhentian LRT:

  1. Cibubur-Cawang: Cibubur-Ciracas-Kampung Rambutan-TMII-Cawang
  2. Cawang-Dukuh Atas: Cawang-Cikoko-Pancoran-Smesco-Kuningan-Soemantri Brodjonegoro-Kuningan Sentral-Dukuh Atas
  3. Bekasi Timur-Cawang: Bekasi Timur-Bekasi Barat-Cikunir-Jatibening-Halim-Cawang
  4. Cibubur-Bogor: Baranangsiang-Sentul-Sirkuit Sentul-Cibinong-Gunung Putri-Cibubur
  5. Palmerah-Grogol: Palmerah-Tomang-Grogol.
  6. Dukuh Atas-Palmerah-Senayan: Dukuh Atas-Palmerah-Gelora-Senayan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok