Resmi Rilis, Inilah Spesifikasi iPhone 6s dan 6s Plus

Resmi Rilis, Inilah Spesifikasi iPhone 6s dan 6s Plus

HarianDepok.com – Tekno – Ponsel , Apple baru saja meluncurkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus hari ini, Kamis (10/09/2015), tepat pada pukul 01.28 WIB. CEO Apple Tim Cook mengklaim bahwa duet iPhone 6s dan 6s Plus akan menjadi smartphone paling spektakuler yang pernah dihadirkan Apple. Beberapa spesifikasi yang akan menjadi andalan adalah 3D Touch, kamera 12 megapiksel serta prosesor A9 terbaru. Bila dilihat sepintas, iPhone 6s dan 6s Plus nampak serupa dengan suksesornya, iPhone 6 dan 6 Plus.

Dari segi ukuran, iPhone 6s masih mengusung  layar 4,7 inci dan 6s Plus 5,5 inci. Akan tetapi, perbedaan akan terlihat bila kedua ponsel  tersebut ditelisik lebih jauh. Kedu ponsel tersebut berbahan aluminum alloy terbaru dengan balutan kaca pelindung IoN-X terbaru. Kaca IoN-X merupakan kaca yang paling kuat yang dipakai dalam industri smartphone.  Pada bagian layar, Apple menanamkan teknologi 3D Touch yang hampir sama dengan Force Touch pada Apple Watch.

Dengan teknologi tersebut memungkinkan pengguna menekan, menggulir dan memijit layar untuk fungsi berbeda berdasarkan intensitas sentuhan. Apple juga melakukan peningkatan progresif di sektor kamera. Kedua ponsel memiliki kamera 12 megapiksel dengan teknologi iSight. Baru kali ini Apple meningkatkan besaran piksel pada kamera ponselnya. Sebelumnya, Apple selalu setia menyematkan kamera 8 megapiksel. Untuk urusan kamera, Apple memang tidak mengutamakan pada indikator piksel.

Apple lebih fokus ke kualitas gambar pada umumnya serta performa cahaya rendah (low-light). Serupa dengan ponsel high-end yang banyak diluncurkan baru-baru ini, iPhone 6s dan 6s Plus juga memiliki kemampuan akses video 4K. Resolusi tersebut, dikombinasikan dengan tampilan Retina, diyakini akan memberi pengalaman menonton video yang lebih nyaman dan seakan nyata. Terdapat juga  fitur “Live Photos” yang dapat menggerakkan gambar dengan menggabungkan dua foto.

Mekanismenya serupa dengan fitur “animation” pada Google Photos. Fitur ini ditujukan untuk membangun memori pengguna atas momen-momen berharga dalam hidupnya. Semua spesifikasi berjalan di atas prosesor A9 termutakhir. Jenis ini disebut mempunyai kecepatan CPU 70 persen dari suksesornya, A8. Kemampuan olah grafisnya juga dikatakan lebih cepat 90 persen dari prosesor sebelumnya.

Berikut adalah spesifikasi singkat iPhone 6s dan 6s Plus.

Tebal: 67 mm (iPhone 6s) dan 77,9 mm (iPhone 6s Plus)

Bobot: 143 gram (iPhone 6s) dan 192 gram (iPhone 6s Plus)

Layar: 4,7 inci (iPhone 6s) dan 5,5 inci (iPhone 6s Plus) Retina display, resolusi video 4K

Prosesor: 64-bit A9 chip M9 motion coprocessor

Penyimpanan: 16, 64, 128 GB

Kamera: 12 megapiksel (depan) dan 5 megapiksel (belakang) kamera iSight

Konektivitas: Wi-Fi dan LTE Advance

Sensor: 3D Touch dan Touch ID

Sistem operasi: iOS 9

Warna: Silver, GoldSpace, Rose Gold,  Gray.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: