Tingkatkan Properti Kalangan Menengah Bawah, Ahok Hapuskan PBB

Tingkatkan Properti Kalangan Menengah Bawah, Ahok Hapuskan PBB

HarianDepok.com – Properti , Berkat kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mulai tahun depan warga rusun, rusunami atau rumah seharga di bawah 1 miliar tidak perlu membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Upaya ini dilakukan untuk menggeliatkan kembali sektor properti yang lesu sejak pertengahan tahun lalu. Eddy Ganefo selaku Ketua Umum Asoasiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) menyambut baik kebijakan Ahok tersebut.

Sebab, kebijakan ini sudah ditunggu-tunggu sudah lama saat muncul wacana itu dari Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan untuk rumah murah. “Sejak awal kami sudah mendukung sekali. Tapi Kepala Daerah justru malah protes. Jika benar-benar merealisasikannya, Pak Ahok bisa menjadi contoh buat Kepala Daerah yang lain,” tuturnya di Jakarta, Rabu (09/09/2015).

Eddy menambahkan, dampak positif dari penghapusan PBB akan menggairahkan kembali penjualan properti dari kalangan menengah ke bawah seharga di bawah Rp 1 miliar. Maklum saja, properti di kelas ini tengah mengalami penurunan akibat perlambatan ekonomi nasional. Lebih lanjut, Eddy menilai jika tanah dan bangunan rumah seharusnya tidak dikenakan pajak berkali-kali,-

seperti PBB yang dipungut setiap tahun. Aturan seperti ini sangat cocok jika diterapkan untuk hunian bersifat komersial, misalnya seperti rumah makan, hotel dan sebagainya. Ia menambahkan, dari sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun harus memikirkan alternatif lain sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selama ini ditopang dari penerimaan PBB.

“Mungkin APBD DKI Jakarta sudah surplus, makanya diberlakukan penghapusan PBB. Baik sih, asal APBD jangan terganggu saja,” ucap Eddy. Sampai akhir Agustus 2015 lalu, APERSI sudah menjual rumah dengan subsidi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) alias FLPP dalam bentuk rumah tapak sebanyak lebih dari 40 ribu unit. Jumlah ini sudah lebih dari separuh dari target 65 ribu unit rumah murah yang akan dijual hingga akhir tahun ini.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok