Kenaikan Harga Pangan Picu Kenaikan Harga Jual Hewan Kurban

Kenaikan Harga Pangan Picu Kenaikan Harga Jual Hewan Kurban

HarianDepok.com – Bisnis , Menjelang hari raya Idul Adha harga jual hewan kurban di Kota Tasikmalaya, melonjak drastis. Kenaikan  harga hewan kurban perekornya bisa mencapai hingga Rp 1 juta sampai Rp 3 juta. Atas kenaikan harga ini mempengaruhi omset penjualan para pedagang hewan kurban, akibat tingginya harga tersebut membuat konsumen menahan diri untuk membeli hewan kurban. Lantaran kemarau yang panjang harga pakan hewan kurban pun mengalami kenaikan.  Sebab, pakan hewan kurban jenis sapi berasal dari jerami yang saat ini sulit diperoleh.

Kenaikan harga pakan sangat mempengaruhi harga hewan kurban, salah satunya jenis sapi. Saat ini kenaikan harga hewan kurban jenis sapi sendiri mencapai Rp 3 juta. Bila hari raya Idul Adha tahun lalu harga sapi hanya sekitar Rp 17 juta perekornya. Saat ini naik menjadi Rp 20 juta perekornya. Menurut salah seorang pedagang sapi di kawasan Kawalu Tasikmalaya, Andang Safaat mengungkapkan, dengan kenaikan harga ini membuat para pedagang khawatir bila omset penjualannya akan menurun.

“Sejak membuka lapak jualan hewan kurban seminggu yang lalu, dari delapan belas ekor sapi, hanya baru tiga ekor saja yang sudah terjual. Kenaikan harga hewan kurban disebabkan berbarengan dengan naiknya harga pakan dari para distributor. Saya khawatir kemampuan dan daya beli masyarakat menurun untuk berkurban,” ujar Andang. Para pedagang hewan kurban ber harap, ditengah terpuruknya ekonomi saat ini ia masih bertahan, supaya roda ekonomi keluarganya bisa tercukupi menjelang hari raya Idul Adha.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: