Komjen Anang Iskandar Resmi Terima Jabatan Kabareskrim Dari Buwas

Komjen Anang Iskandar Resmi Terima Jabatan Kabareskrim Dari Buwas

foto : okezone.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Komjen Pol Budi Waseso resmi menyerahkan jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri kepada Komjen Pol Anang Iskandar. Serah terima? jabatan (sertijab) tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Sesuai jadwal, selain pelaksanaan sertijab untuk jabatan Kabareskrim, ada juga sertijab beberapa jabatan lainnya yang juga dilaksanakan hari ini, Senin (07/09/2015).

Berdasarkan Surat Telegram tertanggal 3 September 2015 bernomor ST/1847/IX/2015, Budi Waseso atau yang dikenal dengan Buwas akan bertukar posisi dengan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar. Seperti yang dikutip Liputan6.com, dalam sertijab ini kapolri juga akan melantik beberapa kapolda dan jabatan utama lainnya. Kapolda yang akan dimutasi yaitu Irjen Andayono dari Polda Kaltim menjadi Pati Yanma Polri dalam rangka pensiun.

Posisi Kapolda Kaltim akan diisi oleh Irjen Safaruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabag Intelkam. Kadiv Hubinter Polri, Irjen Sugeng Priyanto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Ronny F Sompie yang melepas jabatannya karena terpilih sebagai Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Pengganti Sugeng yaitu Brigjen Polisi I? Ketut Untung Yoga yang saat ini menjabat sebagai Kasespimti Polri Lemdikpol.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Eko Hadi Sutedjo akan bertukar posisi dengan Irjen Ngadino sebagai Wakabaharkam. Kemudian ada Irjen Anas Yusuf, Kapolda Jawa Timur, yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Gubernur Akpol. Kapolda Sulawesi Selatan-Barat Irjen Anton Setiadji akan mengisi jabatan yang ditinggal Anas Yusuf sebagai Kapolda Jatim. sedangkan Gubernur Akpol, Irjen Pudji Hartanto Iskandar diangkat menjadi Kapolda Sulselbar menggantikan Irjen Anton Setiadji.

Wakapolda DIY, Kombes Imam Sugianto, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karoninops Sops Polri. Irjen Tubagus Anis Angkawijaya, Sahli Sospol Kapolri dimutasi sebagai analis kebijakan utama bidang Sosek Sahli Kapolri. Brigjen Polisi Basaria Panjaitan akan mengisi jabatan yang ditinggalkan Tubagus Anis Angkawijaya. Irjen Syahrul Mamma, pati SSDM Polri yang bertugas di Kemenkopolhukam sebagai Dep Bidang Koordinasi Keamanan Nasional diangkat menjadi Wakabareskrim yang akan mendampingi Anang Iskandar sebagai Kabareskrim.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Brigjen Pol Victor E Simanjuntak, dimutasi sebagai Pati Bareskrim dalam rangka pensiun. Penggantinya yaitu Brigjen Bambang Waskito, yang sebelumnya menjabat sebagai Karobinsops Sops Polri. Brigjen Polisi Zulkarnain, Karowassidik diangkat sebagai Kapolda Maluku Utara menggantikan Kapolda sebelumnya Brigjen Polisi Imam Budi Supeno yang dimutasi sebagai Wagub Akpol Lemdikpol.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Polisi Andjaja diangkat menjadi Irwil IV Itwasum Polri. Penggantinya sebagai Kapolda Gorontalo yakni Brigjen Polisi Bengkie Kaluara yang sebelumnya menjabat sebagai Dirbinmas Baharkam Polri. Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Polisi Arkian Lubis dimutasi menjadi Karorenmin Baharkam Polri. Posisi Kapolda Sultra diisi oleh Brigjen Pol Angung Sabar Santoso yang menjabat sebagai Pati Bareskrim Polri penugasan pada BNN sebagai Dirkerjasama Deputi Bidang Hukum dan Kerjasama.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok