Ini Dia Satu-Satunya Pengawas Pertandingan Tingkat Nasional dari Depok

Pengawas pertandingan (PP), memang Sebuah profesi yang tidak terlalu diperhitungkan dan kurang dikenal penonton dalam sepakbola. Namun, sesungguhnya peran seorang pengawas pertandingan sangat penting dalam pertandingan. Siapa sangka, Depok sudah punya seorang pengawas pertandingan bertaraf nasional.

Pengawas pertandingan adalah salah satu bagian dari perangkat pertandingan. Tugasnya, mengecek kelengkapan administrasi dan menentukan berlangsung atau tidaknya suatu laga.

Ialah Ismail, tentu bukan Nur Mahmudi Ismail sang wali Kota Depok. Tapi Ismail yang satu ini berbeda, dia adalah seorang PP sepak bola. Depok boleh berbangga hati karena ia merupakan satu-satunya PP berlabel Nasional yang dimiliki Kota Depok.

“Awalnya dulu jadi wasit, sampai ikut pelatihan wasit c2 (provinsi), target c1 nasional karena usia pensiun wasit 46 tahun jadi saya banting setir ikut PP di ragunan 2003,” Tutur Ismail saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat (18/1).

Setelah lulus Pelatihan PP daerah, tiga tahun berselang, Ismail pun mengikuti seleksi di Jabar untuk meng-upgrade sertifikatnya menuju level nasional, dengan biaya sendiri sebesar Rp 3 juta.

“Saya sampai menjual HP (handphone) untuk PP daerah dan ikut pelatihan. Dulu waktu Sekum (Sekretaris Umum)-nya Pak Gandara sempat mendapat bantuan Rp 500 ribu untuk mengikuti pelatihan. saya juga jual HP lagi untuk tambahan biaya,” katanya.

Pria kelahiran Bogor 49 tahun lalu itu akhirnya mengikuti pelatihan PP Nasional (PSSI) April 2006 di Yogyakarta. Setelah lulus ia melanglang buana ke sejumlah kota di Indonesia saat menjadi PP tingkat nasional baik Divisi satu, dua dan tiga maupun U-23.

“Paling jauh sampai di bengkalis Riau. Dan terakhir pada final Divisi Dua di Stadion Tambun, Kabupaten Bekasi, serta 16 besar Suratin Cup Tingkat Nasional Tahun 2012 di Stadion Muda Jaya Kota Bekasi,” Ungkapnya.

Menyandang gelas Sarjana Pendidikan (S.Pd) Olahraga di Universitas Islam 45 Bekasi, tak melupakan kewajiban Ismail untuk memberikan ilmunya kepada orang lain.

Selain menjadi pengawas pertandingan, keseharian pria bersahaja nan ramah ini pun diisi dengan mengajar. Tak tanggung-tanggung delapan sekolah pernah diajarnya.

Lima di antaranya masih aktif sampai sekarang, yakni SMP MUhammadiyah 3 Depok, SMK Negeri 1 Bojonggede 6 Januari, SMK Al-Muhtadin Depok Tahun, SMK Kesehatan Logos Pabuaran Tahun, dan SMP Islam YKS Depok.

Sebagai pengawas pertandingan tingkat nasional tentu kesibukannya sebagai guru kadang terpaksa ia tinggalkan ketika ada panggilan tugas mengawas di luar kota.

“Makanya saya memilih mengajar sekolah yang mengerti dan paham dengan tugas saya menjadi pengawas pertandingan sepakbola. Karena kalau tugas keluar kota kan bisa sampai satu minggu,” kata Ismail.

Dari profesi sebagai PP dan guru, kakek dari Shifa Nabila Septia Putri ini pun mengaku dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Sebuah rumah yang kini ditinggalinya menjadi bukti bahwa perjuangannya selama ini membuahkan hasil.

“Alhamdulilah, jerih payah saya ya ini (rumahnya) dan satu lagi, pengalaman pertama saya naik pesawat terbang bukan dari guru, tapi dari jadi PP ini juga,” ucapnya.

Nama Lengkap : Ismail, S.Pd
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 24 Juli 1964
Alamat : Blok Rambutan RT 01/04 No.31 Kel/Kec. Cipayung Kota Depok Jawa Barat
Nama Istri : Sarmanah
Jumlah Anak: 2 ( Achmad Yudhi. S & Muh. Ade Des’Ahad )
Cucu: 1 ( Shifa Nabila Septia Putri )

PROFIL PRIBADI :
– Guru Olahraga
– Komisi Wasit Pengcab PSSI Kota Depok
– Pengawas Pertandingan Nasional (PSSI)

PENGALAMAN KERJA :
– Guru Olahraga di SMP Fajar Plus Depok Tahun 2000 – 2010
– Guru Olahraga di SMK Arjuna & SMK Izzata Depok Tahun 2005 – 2007- Guru Olahraga di SMK Prisma Depok Tahun 2006 – 2007
– Guru Olahraga di SMP MUhammadiyah 3 Depok Tahun 1991 s/d sekarang ( sudah sertifikasi Tahun 2010 ).
– Guru Olahraga di SMK Wira Buana Tahun 2008 – 2012
– Guru Olahraha di SMK Negeri 1 Bojonggede 6 Januari 2008 s/d sekarang
– Guru Olahraga di SMK Al-Muhtadin Depok Tahun 2011 s/d sekarang
– Guru Olahraga di SMK Kesehatan Logos Pabuaran Tahun 2011 s/d sekarang
– Guru Olahraga di SMP Islam YKS Depok Tahun 2012 s/d sekarang

PENGALAMAN ORGANISASI :
– Komisi Wasit Pengcab PSSI Kota Depok Tahun 2004 s/d sekarang
– Pimpinan Ranting Muhammadiyah Cipayung Cab. Depok Barat Wakil Sekretaris
Tahun 2010 s/d 2015
– Pengawas Pertandingan Nasional (PSSI) Lulus April 2006 di Yogyakarta
Tugas PP Nasional  baik Div. Satu, Dua, Tiga Maupun U-23 sudah beberapa daerah/kota  di Indonesia, diantaranya :
Kab. Pati, Solo, Cilacap 3x, Banyumas, Sragen, Kendal, Banjarmasin 2x, Bengkalis, Bengkulu, Kota Batu Malang, DKI Jakarta, Surabaya, Sidoarjo dan terakhir final Div. Dua di Std. Tambun Kab. Bekasi serta 16 besar Suratin Tk. Nasional Tahun 2012 di Std.Muda Jaya Kota Bekasi.

KUALIFIKASI PENDIDIKAN :
– SD Negeri Rawadenok Depok
– SMP Pelita Depok
– SMA Islam Al-Istiqomah Cipayung Bojonggede Bogor
– Universitas Islam 45 Bekasi : Sarjana Pendidikan (S.Pd) Jurusan Olahraga

Ricky Juliansyah

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)