Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang 42 Kecamatan di Garut

Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang 42 Kecamatan di Garut

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang Barat Daya Garut, Jawa Barat. Gempa ini terjadi pada Sabtu (05/08/2015) dini hari, tepatnya pada pukul 03.08 WIB. Menurut Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebutberlokasi di 8,23 Lintang Selatan (LS) – 107,31 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa ini terjadi di 109 KM Barat Daya Cianjur, Jawa Barat.  Namunj gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun belum ada informasi akibat gempa ini apakah menelan korban jiwa atau tidak. Sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut pun masih melakukan pengecekan di 42 Kecamatan yang terdapat di Garut. “Tim kami masih sedang melakukan pengecekan di lapangan, untuk mengetahui ada atau tidaknya dampak gempa tadi pagi,” ujar Dadi Djakaria, Kepala Pelaksana Operasional BPBD Garut, Sabtu (05/09/2015).

Dadi melanjutkan, sampai saat ini pihaknya masih belum mendapat informasi lanjutan dari para tim yang sedang melakukan pengecekan terkait adanya kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa tersebut. “Belum ada, tim belum memberi laporan temuan di lapangan,” ucapnya. Selain di daerah tersebut, gempa juga dirasakan oleh warga Kota Sukabumi yang tinggal di Kecamatan Gunungpuyuh. Di laporkan seluh warga pun menjadi panik ketika gempa itu terjadi. Bahkan, hingga penghuni rumah berhamburan keluar karena khawatir akan terjadi gempa susulan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok