Kapal Karam di Malaysia, 15 WNI Meninggal Dunia

Kapal Karam di Malaysia, 15 WNI Meninggal Dunia

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Dalam insiden karamnya kapal pengangkut imigran di perairan Negeri Jiran tepatnya wilayah Sabak Berenam, Selangor 10 mil dari pantai Malaysia, Kementerian Luar Negeri mencatat, terdapat 15 WNI yang meninggal dunia. Seperti yang dikatakan juru bicara Kemlu Arrmanatha di kantornya, Jakarta, pada Jumat (04/08/2015), “Yang sudah diselamatkan itu ada 19 orang yang hidup dan ada 15 orang meninggal,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini upaya pencarian korban kapal masih terus dilakukan. Pasalnya, diduga masih terdapat penumpang kapal yang belum ditemukan. “Kita masih terus berupaya mencari korban lainnya karena diperkirakan jumlah penumpang ada 70-100 orang,” jelasnya. Sedangkan menurut, Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Indonesia, Lalu Muhamad Iqbal di tempat yang sama mengatakan sebagian besar korban yang selamat dari Provinsi Aceh.

Sementara sisanya, berasal dari beberapa tempat yang berbeda. “Sejauh ini baru ada 19 orang yang ditemukan selamat, 10 orang dari Aceh, 3 Surabaya, 2 orang Sumatera Utara, 1 Sumbar dan 3 lagi terindikasi kuat WNI namun kita belum mengetahui daerah asalnya,” ungkapnya. Tidak hanya itu, Iqbal juga menyebutkan, pihak Malaysia berjanji akan melakukan pencarian korban dengan maksimal.

Hal ini nampak dari banyaknya kapal dan pesawat yang dikerahkan dalam operasi evakuasi tersebut. “Tim SAR pagi ini sudah melakukan upaya pencarian, tim SAR terdiri dari 7 kapal maritim Malaysia, 3 AL Malaysia, 1  dari PDRM dan 3 pesawat untuk melakukan pencarian korban yang belum ketemu,” pungkasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok