Lagi, Kebakaran Terjadi di Jalan Kapitan Depok

Lagi, Kebakaran Terjadi di Jalan Kapitan Depok

Ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Belum usai penyelidikan petugas akan adanya peristiwa kebakaran yang menghanguskan sebuah gudang penyimpanan arsip yang berlokasi di bilangan Depok, kini kembali lagi peristiwa kebakaran di Jalan Kapitan, Pekapuran, Cimanggis, Depok, Jawa Barat yang terjadi pada Selasa (01/09/2015) sore.

Menurut informasi yang dihimpun, awal mula kejadian pada peristiwa kebakaran tersebut diduga terjadi akibat adanya tumpukan sampah daun yang berada di belakang pemukiman warga terbakar. Warga sekutar yang melihat kepulasan asap hitam pekat langsung berlarian dan berusaha menyelamatkan harta bendanya dari kobaran api yang semakin membesar.

Kobaran api yang sempat menjilati bagian luar rumah yang berada tak jauh dari titik api pun tak pelak menjadi santapan Si Jago Merah. Dengan alat alat seadanya dan dibantu oleh beberapa warga sekitar, api masih dapat dihalau sementara waktu.

Tak selang beberapa lama, perugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok pun langsung terjun kelapangan guna mengantisipasi meluasnya kobaran api ke pemukiman warga sekitar. Dalam usahanya menjinakkan kobaran api, petugas sempat mendapat kesulitan dengan banyaknya warga yang ingin melihat peristiwa kebakaran tersebut.

Setelah beberapa menit berlalu, sejumlah petugas Pemadam Kebakaran akhirnya dapat menjinakkan jilatan api yang hampir saja merembet ke pemukiman warga sekitar. “Kobaran api sempat menyambar bagian luar rumah yang berada di lahan kosong itu. Meski api sempat menyambar, namun rumah itu masih dapat diselamatkan,” tutur Imran, salah satu petugas pemadam kebakaran, Selasa (01/09/2015).

Setelah api sudah dijinakkan, petugas pun langsung melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut. Diduga kuat, api keluar dari sampah daun kering yang menumpuk di lahan tersebut.

Dari keterangannya, api yang sengaja dibuat meski dilahan kosong, sangat berpotensi merayap hingga menyambar pemukiman yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan api dimanapun dan kapanpun.

“Api yang sangat cepat membesar itu disebabkan oleh banyaknya material yang kering dan mudah terbakar. Oleh sebab itu, kami sebagai petugas berkewajiban memadamkan api dengan menggunakan mobil pemadam” tuturnya.

Beruntung pada saat kejadian tidak ditemukan adanya korban. Meski demikian kerugian akibat dari terbakarnya lahan tersebut diperkirakan mencapai jutaan rupiah. Hingga sampai saat ini peristiwa kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan petugas mengenai pemicu kebakaran tersebut.

Hingga sampai saat ini pihak yang berwajib masih belum memberikan komentar resminya kepada media mengenai musabab kebakaran tersebut. Dugaan sementara kobaran api terjadi akibat adanya pembakaran sampah yang ditinggalkan begitu saja oleh seseorang.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)