APK Cawalkot Depok Bertebaran di Tempat Terlarang, Panwaslu Bertindak

APK Cawalkot Depok Bertebaran di Tempat Terlarang, Panwaslu Bertindak

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Dalam rangka menjaga serta mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok 2015, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Depok saat ini telah menemukan banyak pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang sengaja dipasang oleh sekelompok pendukung pasangan Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot) Depok.

Beberapa APK yang seringkali ditemui ada di sejumlah fasilitas milik pemerintah dan di fasilitas umum lainnya yang diantaranya di sejumlah tiang listrik dan tiang telepon, masjid, sekolah, dan di sejumlah rumah sakit di sekitar wilayah kota Depok. Oleh sebab itu, pihak Panwaslu kota Depok dalam kewajibannya untuk menegakkan aturan dalam Pilkada terus berkomitmen mengawasi dan menindaklanjuti permasalahan tersebut dengam menggandeng beberapa perangkat daerah terkait untuk menertibkannya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Andriansyah dalam tanggapannya mengenai adanya pelanggaran pemasangan APK disejumlah fasilitas milik pemerintah dan umum ini mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan PPL untuk dapat bekerjasama dalam membangun ketertiban dalam berkampanye mulai dari tingkat kota hingga kepada tingkat Kelurahan.

“Kami sudah siapkan dan sudah berkoordinasi denhan Panwascam dan PPL yang tersebar di seluruh Kelurahan wilayah kota Depok. Dan saat ini, mereka sudah siap dalam melaksanakan pekerjaannya dengan maksimal sampai puncak acara Pilkada Depok pada 09 Desember 2015 mendatang,” tuturnya di Depok, Senin (31/08/2015).

Dari penjelasannya bahwa saat ini seluruh pasangan Cawalkot yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sudah terikat dengan aturan yang dietapkan oleh KPU. Maka daripada itu, mereka juga berkewajiban untuk melaksanakan aturan tersebut dilapangannya

“Aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU ini harus kami tegakkan. Jika memang ada pelanggaran mengenai Pilkada seperti adanya pemasangan APK disejumlah titik yang dilarang maka kami berkewajiban untuk menindak tegas dengan cara melakukan pencopotan dengan mengajak beberapa petugas daerah seperti Satpol PP dalam membantu menertibkannya,” tegasnya.

Dirinya menegaskan bahwa sebagai petugas yang terpilih dalam menjaga serta mengawasi seluruh kegiatan Pilkada Depok pada periode ini, berkewajiban untuk menertibkan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan Pilkada seperti kegiatan kampanye yang sudah dimulai sejak 27 Agustus 2015 lalu agar selalu didalam jalurnya.

“Kami sebagai petugas, memiliki aturan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh pusat. Oleh sebab itu, sebagai petugas, kami berkewajiban menegakkan aturan yang berlaku di lapangannya dengan mengajak peran serta pihak pemerintah (Satpol PP) dalam menegakan ketertiban dilapangannya,” katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)